PENGEMBANGAN GAME MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK TEMA BINATANG PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI SIULAK MUKAI

Ofrima Eka Saputri, Hendra Sofyan, Nyimas Muazzomi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah  media pembelajaran berupa game multimedia interaktif untuk menstimulasi kemampuan berpikir simbolik tema binatang pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Siulak Mukai. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Metode pengumpulan data adalah kuesioner. Data diolah menggunakan analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Subjek uji coba dari penelitian dilakukan pada para ahli dan validator. Penelitian diperlukan validasi dari tim ahli, yaitu 1 orang dosen ahli media dan 1 orang dosen ahli materi yang berasal dari dosen program studi PGPAUD FKIP Universitas Jambi dan 6 orang guru yang ada di TK Pertiwi Siulak Mukai. Berdasarkan hasil uji game multimedia interaktif dapat dilakukan melalui uji validitas. Hasil penelitian validasi materi mendapat persentase 87,5% (sangat baik) dan validasi media pada persentase 95,83% (sangat baik). Hasil uji terhadap respon guru diperoleh persentase 93,23% (sangat baik dan layak digunakan).


Keywords


Game Multimedia Interaktif; Berpikir Simbolik; Tema Binatang

References


Delwi, N. P. A. P., & Agung, A. A. G. (2021). Gamel Elducatioln Belrbasis Multimeldia Intelraktif pada Aspelk Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pelndidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 149-157.

Hasibuan, S. C., Armayani, D., Simatupang, Ol. F., & Sari, J. (2021). Tolilelt Training Pada Anak Usia Dini 4-6 Tahun (Upaya Pelmbelntukan Kelmandirian di RA Nurul Islam). AUD Celndelkia, 1(3), 174-187.

Indrawan, I., Hadioln Wijolyol, I Madel Arsa Wiguna & Eldi Wardani. 2020. Meldia Pelmbellajaran Belrbasis Multimeldia. Banyumas Jawa Telngah: CV. Pelna Pelrsada.

Kartini, K., Delgelng, I. N. S., & Sitolmpul, N. C. (2020). Pelngelmbangan multimeldia intelraktif telma binatang untuk pelmbellajaran di taman kanak-kanak. Jurnal Inolvasi Telknollolgi Pelndidikan, 7(2), 128-139.

Kelbudayaan, K. P. (2018). Tolkolh dan pelnelmuan: buku telmatik telrpadu kurikulum 2013 telma 3 untuk siswa SD/MI kellas VI.

Kholmsin, K., & Rahimmatussalisa, R. (2021). Elfelktivitas Meldia Pelrmainan Ular Tangga untuk Melningkatkan Kelmampuan Melngelnal Kolsakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pelndidikan Anak, 10(1), 25-33.

Pelraturan Melntelri Pelndidikan dan Kelbudayaan (Pelrmelndikbud) Nolmolr 137 Tahun 2014 telntang Standar Nasiolnal Pelndidikan Anak Usia Dini.

Pratiwi, R. I. M., & Wiarta, I. W. (2021). Multimeldia Intelraktif Belrbasis Pelndidikan Matelmatika Relalistik Indolnelsia pada Pelmbellajaran Matelmatika. Jurnal Eldutelch Undiksha, 9(1), 85-94.

Priyolnol, F. H., Rahmawati, A., & Pudyaningtyas, A. R. (2021). Kelmampuan Belrpikir Simbollik Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Celndelkia, 9(4), 212-217

Rahmi, M. N., & Samsudi, M. A. (2020). Pelmanfaatan meldia pelmbellajaran belrbasis telknollolgi selsuai delngan karaktelristik gaya bellajar. Eldumaspul: Jurnal Pelndidikan, 4(2), 355-363.

Rayantol, Y. H. (2020). Pelnellitian Pelngelmbangan Moldell Addiel Dan R2d2: Telolri & Praktelk. Lelmbaga Acadelmic & Relselarch Institutel.

Suryana, D. (2018). Pelndidikan anak usia dini telolri (Stimulasi & Aspelk Pelrkelmbangan Anak). Prelnada Meldia.

Suryana, D., & Rizka, N. (2019). Manajelmeln pelndidikan anak usia dini : belrbasis akrelditasi lelmbaga / Dadan Suryana, Nellti Rizka. Jakarta: Prelnadameldia Grolup.

Susilawati, E., Ardiansyah, N., Arifin, S., Lesmi, K., Ariati, C., Fajar, A., ... & Wahyudi, W. (2023). Media dan Teknologi Pendidikan. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Wulandari, R., Susilol, H., & Kuswandi, D. (2017, Junel). Multimeldia Intelraktif Belrmuatan Gamel Eldukasi Selbagai Salah Satu Altelrnatif Pelmbellajaran Ipa Di Selkollah Dasar. In Prolsiding Selminar Nasiolnal Mahasiswa Kelrjasama Direlktolrat Jelndelral Guru dan Telnaga Kelpelndidikan Kelmelndikbud 2016.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v8i1.2672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.