PENERAPAN MEDIA GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII F SMP N 2 KAUMAN
DOI:
https://doi.org/10.24269/ed.v3i2.306Keywords:
Pemahaman Konsep, Media GeogebraAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran matematika dengan media geogebra yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VII F SMP N 2 Kauman, (2) mengetahui peningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII F SMP N 2 Kauman dengan media geogebra.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMP N 2 Kauman yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes pemahaman konsep, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran guru dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran siswa. Penerapan media geogebra dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Kemudian menerapkan langkah 5M yang selanjutnya siswa mempraktikkan media geogebra saat mengumpulkan informasi. Dari hasil analisis data tes tiap indikator berada pada kategori tinggi dengan persentase . Hasil analisis data observasi keterlaksanaan pembelajaran siswa 81,01% mengalami peningkatan menjadi 88,22%. Sedangkan untuk persentase keterlaksanaan pembelajaran guru pada siklus I sebesar 98,14% menjadi 100%. Dengan demikian penerapan media geogebra dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII F SMP N 2 KaumanReferences
Depdiknas. 2003. Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi SMP. Jakarta: Depdiknas
Fitrisari, P. 2017. Penerapan Software Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. (Online), (http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/download/1441/1152), diakses pada 24 Januari 2019
Hohenwerter, M. & Hohenwerter, J. 2008. Introduction to Geogebra version 4.4. (Online), (https://static.geogebra.org/book/intro-en.pdf), diakses 24 November 2018
Jihad, H. & Haris, A. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kusumah, W. & Dwitagama, D. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Permata Pri Media.
Mona, Z., dkk,. 2012. Meningkatkan Kemampuan Konsep Siswa Kelas VIII SMP N 2 Padang Panjang Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Disertai Peta Pikiran. 1(1). (Online), (http://ejournal.unp.ac.id/student/index.php/pmat/article/download/1170/862), diakses 5 Februari 2019
Simanjuntak, Y.L., Hartoyo, A. & Yani, A. 2013. Pengaruh Penggunaan Software Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Lingkaran di Kelas XI SMA. Jurnal Penidikan dan Pembelajaran. 5(3). (Online),(http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/5559/5724), diakses pada 22 Maret 2019
Syahbana, A. 2016. Belajar Menguasai Geogebra (Program Aplikasi Pembelajaran Matematika). Palembang: NoerFikri Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Edupedia Journal has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Journal. Edupedia.