IMPLIKASI PEMBELAJARAN DIFERENSIASI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TES DIAGNOSTIK KOGNITIF
DOI:
https://doi.org/10.24269/ed.v9i1.3357Keywords:
Pembelajaran Diferensiasi, Kemampuan Pemecahan Malsalah Matematis, Diagnostik KognitifAbstract
Kemampuan dalam memecahkan masalah cukup bervariasi antara satu siswa dengan yang lainnya. Sehingga pendekatan pembelajaran yang bersifat seragam tidak selalu efektif, khususnya dalam pengembangan kemampuan pemecahan masalah matematis. Pembelajaran diferensiasi menjadi strategi yang relevan karena memungkinkan pendidik merancang pendekatan yang adaptif sesuai dengan kebutuhan individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh dan efek dari implementasi pembelajaran diferensiasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi aplikasi turunan fungsi aljabar di SMA Negeri 4 Sidoarjo. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif, dengan keknik pengumpulan data menggunakan tes dan desain posttest only control group. Teknik analisis terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis, dilanjut dengan menghitung effect size. Instrumen tes yang digunakan berupa tes diagnostik kognitif dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan penelitian dan perhitungan hasil tes, telah didapatkan bahwa yaitu sebesar , maka dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima. Artinya, ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi perlakuan menggunakan pembelajaran diferensiasi dengan yang menerima perlakuan dengan pembelajaran problem based learning. Berdasarkan hasil perhitungan effect size memanfaatkan rumus Cohen’s d, diperoleh nilai sebesar , yang tergolong dalam kategori efek “sangat besar”. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dan efek yang sangat besar dari implementasi pembelajaran diferensiasi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi turunan fungsi aljabar di SMA Negeri 4 Sidoarjo.References
Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences (2nd ed.). Hillsdale, NJ: L. Erlbaum Associates.
Hadiyani, V. P., Sulalah, S., & Widodo, B. (2025). Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Scaffolding Berbasis Diferensiasi Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 11(1), 63–75. https://doi.org/10.35569/biormatika.v11i1.2240
Hasibuan, H. Y., Yuhana, Y., Santosa, C. A. H. F., Syamsuri, S., & Wahyudin, U. (2023). Menyelisik Penelitian Terkait Diagnostik Kognitif Materi Matematika Di Indonesia Melalui Systematic Literature Review. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 1762. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6886
Kusrini, I., Rintayati, P., & Salimi, M. (2025). Potential and Challenges of Diferentiated Learning: Systematic Literature Review. Sosial, Humanities, and Educational Studies, 8(1), 83–93.
Ladyawati, E., Maftuh, M. S., & Faizah, H. (2024). Analisis Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tipe Kepribadian Koleris dan Phlegmatis. Edupedia, 8(2), 173–181. http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/edupedia
Magnusson, K. (2023). A Causal Inference Perspective on Therapist Effects. PsyArXiv. https://rpsychologist.com/cohend/
Polya, G. (2014). How to Solve It: A New Aspect of Method. New York, NJ: Princeton University Press.
Hadiyani, V. P., Sulalah, S., & Widodo, B. (2025). Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Scaffolding Berbasis Diferensiasi Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 11(1), 63–75. https://doi.org/10.35569/biormatika.v11i1.2240
Hasibuan, H. Y., Yuhana, Y., Santosa, C. A. H. F., Syamsuri, S., & Wahyudin, U. (2023). Menyelisik Penelitian Terkait Diagnostik Kognitif Materi Matematika Di Indonesia Melalui Systematic Literature Review. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 1762. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6886
Kusrini, I., Rintayati, P., & Salimi, M. (2025). Potential and Challenges of Diferentiated Learning: Systematic Literature Review. Sosial, Humanities, and Educational Studies, 8(1), 83–93.
Ladyawati, E., Maftuh, M. S., & Faizah, H. (2024). Analisis Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tipe Kepribadian Koleris dan Phlegmatis. Edupedia, 8(2), 173–181. http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/edupedia
Magnusson, K. (2023). A Causal Inference Perspective on Therapist Effects. PsyArXiv. https://rpsychologist.com/cohend/
Polya, G. (2014). How to Solve It: A New Aspect of Method. New York, NJ: Princeton University Press.
Downloads
Published
2025-08-12
How to Cite
Amiroh, N., & Putri, R. K. (2025). IMPLIKASI PEMBELAJARAN DIFERENSIASI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TES DIAGNOSTIK KOGNITIF. EDUPEDIA, 9(1), 22–31. https://doi.org/10.24269/ed.v9i1.3357
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Nabilatul Amiroh, Rani Kurnia Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Edupedia Journal has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Journal. Edupedia.