PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI CASEL UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI.4 SMAN 5 JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.24269/ed.v9i1.3359Keywords:
Problem Based Learning, CASEL, Kemampuan Komunikasi MatematisAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan Problem Based Learning yang diintegrasikan dengan komponen CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dimana pada masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas XI.4 di SMAN 5 Jember. Data didapat melalui tes tertulis, observasi, dan catatan lapangan, kemudian dianalisis untuk melihat perkembangan kemampuan komunikasi matematis dan tingkat ketuntasan belajar. Indikator penilaian mencakup kemampuan ekspresi matematika (mathematical expression), kemampuan menulis (written text), dan kemampuan menggambar (drawing). Kemampuan komunikasi matematis siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahap prasiklus hingga siklus II. Pada tahap awal (prasiklus), rata-rata skor yang diperoleh siswa berada pada angka 67,02. Rata-rata tersebut kemudian terjadi peningkatan pada siklus I menjadi 73,63, dan terus meningkat hingga mencapai 83,89 pada siklus II. Sejalan dengan itu, tingkat ketuntasan belajar siswa pun menunjukkan perkembangan yang positif. Pada siklus I ketuntasan siswa baru mencapai 48,48%, pada siklus II presentase meningkat hingga mencapai 91,17%. Hasil dari penelitian dapat menunjukkan bahwa penerapan PBL yang terintegrasi dengan CASEL secara positif mendukung pengembangan komunikasi matematis siswa serta memperkuat keterampilan sosial dan emosional, sehingga dapat menjadi pendekatan inovatif dalam pembelajaranReferences
Basarudin. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Muara Beliti. Journal of Mathematics Science and Education, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.31540/jmse.v7i1.3324
Fauzan, H., & Anshari, K. (2024). Studi Literatur: Peran Pembelajaran Matematika Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 163–175. https://doi.org/10.55606/jurripen.v3i1.2802
Hidayatni, N., & Fathani, A. H. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran PBL Disertai Pendekatan TaRL dan Komponen CASEL. Mathema Journal, 5(2), 312–324.
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Research. Springer.
Kusumawardhani, A., Widiyastuti, E., & Hidayat, A. A. (2024). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dengan Problem Based Learning Terintegrasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan E-Modul Flipbook. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 59–67. https://doi.org/10.24176/anargya.v7i1.12808
Losi, N. T., Mukhtar, M., & Rajagukguk, W. (2021). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang diajar Menggunakan Model Problem Based Learning dan Guided Discovery Learning Berbantuan Geogebra ditinjau dari Gender. Paradikma:Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 88–95. https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i1.27136
Mahardika, I. N., Muslimah, M., & Nurita, T. (2024). Implementasi PBL Terintegrasi TaRL dan CASEL untuk Meningkatkan Peran Aktif dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA. PENDIPA Journal of Science Education, 8(2), 114–120. https://doi.org/10.33369/pendipa.8.2.114-120
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. 12(1), 29–40.
Fauzan, H., & Anshari, K. (2024). Studi Literatur: Peran Pembelajaran Matematika Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 163–175. https://doi.org/10.55606/jurripen.v3i1.2802
Hidayatni, N., & Fathani, A. H. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran PBL Disertai Pendekatan TaRL dan Komponen CASEL. Mathema Journal, 5(2), 312–324.
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Research. Springer.
Kusumawardhani, A., Widiyastuti, E., & Hidayat, A. A. (2024). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dengan Problem Based Learning Terintegrasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan E-Modul Flipbook. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 59–67. https://doi.org/10.24176/anargya.v7i1.12808
Losi, N. T., Mukhtar, M., & Rajagukguk, W. (2021). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang diajar Menggunakan Model Problem Based Learning dan Guided Discovery Learning Berbantuan Geogebra ditinjau dari Gender. Paradikma:Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 88–95. https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i1.27136
Mahardika, I. N., Muslimah, M., & Nurita, T. (2024). Implementasi PBL Terintegrasi TaRL dan CASEL untuk Meningkatkan Peran Aktif dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA. PENDIPA Journal of Science Education, 8(2), 114–120. https://doi.org/10.33369/pendipa.8.2.114-120
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. 12(1), 29–40.
Downloads
Published
2025-08-12
How to Cite
Rahma, T. A., Suryaningrum, C. W., & Rahayu, S. (2025). PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI CASEL UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI.4 SMAN 5 JEMBER. EDUPEDIA, 9(1), 58–67. https://doi.org/10.24269/ed.v9i1.3359
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Tasya Anindya Rahma, Christine Wulandari Suryaningrum, Sri Rahayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Edupedia Journal has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Journal. Edupedia.