PENERAPAN TEORI WALLAS DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPEN ENDED
DOI:
https://doi.org/10.24269/ed.v9i1.3361Keywords:
memecahkan masalah, open ended, teori wallasAbstract
Pembelajaran matematika ini menuntut peserta didik untuk berfikir kreatif dalam memecahkan suatu
permasalahan. Pemecahan masalah ini diterpakan dengan menyelesaikan soal open ended, soal tipe ini sangat
menuntu siswa untuk berfikir kreatif. Pada soal open ended ini nanti nya dikerjakan oleh peserta didik yang
kemudian dianalisis dengan menerapkan teori wallas. Teroi wallas ini terdpat empat tahapan dioantranya tahapan
berfikir kreatif yaitu persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi. Subjek penelitian ini diambil tiga subjek
berdasarkan kategori Tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Ketiga subjek diberikan soal open ended yang
selanjutnya dianalisis dengan menerapkan teori wallas. Dari hasil penelitian diperoleh hasil dari ketiga kategori,
pertama untuk kategori tinggi dan kategori sedang mampu menyelesaikan tiga tahapan yaitu tahap persiapan,
inkubasi, dan verifikasi. Kedua untuk kategori rendah, pada kategori ini hanya mampu menyelesaikan satu tahapan
yaitu tahapan persiapan. Pada teori wallas terdapat 4 tahapan, sedangkan pada tahapan ke empat yaitu iluminasi,
ketiga kategori belum mampu menyelesaikan sampai tahapan ini. Berdasarkan hasil analisis ketiga kategori kurang
teliti dalam mencermati perintah yang ada pada soal, Dimana perintah pada soal diminta untuk menuliskan
jawaban lebih dari satu, sedangkan ketoga kategori hanya menuliskan satu jawaban, sehingga ketiga kategori
belum memenuhi tahapan iluminasi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rika Dwi Cahyanti, Rika Dwi Cahyanti, Ninik Mutianingsih, Lydia Lia Prayitno, Lydia Lia Prayitno, Eko Sugandi, Eko Sugandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Edupedia Journal has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Journal. Edupedia.