PENERAPAN TEORI WALLAS DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPEN ENDED

Rika Dwi Cahyanti, Ninik Mutianingsih, Lydia Lia Prayitno, Eko Sugandi

Abstract


Pembelajaran matematika ini menuntut peserta didik untuk berfikir kreatif dalam memecahkan suatu
permasalahan. Pemecahan masalah ini diterpakan dengan menyelesaikan soal open ended, soal tipe ini sangat
menuntu siswa untuk berfikir kreatif. Pada soal open ended ini nanti nya dikerjakan oleh peserta didik yang
kemudian dianalisis dengan menerapkan teori wallas. Teroi wallas ini terdpat empat tahapan dioantranya tahapan
berfikir kreatif yaitu persiapan, inkubasi, iluminasi, dan verifikasi. Subjek penelitian ini diambil tiga subjek
berdasarkan kategori Tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Ketiga subjek diberikan soal open ended yang
selanjutnya dianalisis dengan menerapkan teori wallas. Dari hasil penelitian diperoleh hasil dari ketiga kategori,
pertama untuk kategori tinggi dan kategori sedang mampu menyelesaikan tiga tahapan yaitu tahap persiapan,
inkubasi, dan verifikasi. Kedua untuk kategori rendah, pada kategori ini hanya mampu menyelesaikan satu tahapan
yaitu tahapan persiapan. Pada teori wallas terdapat 4 tahapan, sedangkan pada tahapan ke empat yaitu iluminasi,
ketiga kategori belum mampu menyelesaikan sampai tahapan ini. Berdasarkan hasil analisis ketiga kategori kurang
teliti dalam mencermati perintah yang ada pada soal, Dimana perintah pada soal diminta untuk menuliskan
jawaban lebih dari satu, sedangkan ketoga kategori hanya menuliskan satu jawaban, sehingga ketiga kategori
belum memenuhi tahapan iluminasi.


Keywords


memecahkan masalah, open ended, teori wallas

Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v9i1.3361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.