PERAN GURU TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA DI RA TAHFIZH AL-FURQON PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.24269/ed.v9i2.3463Abstract
Guru memiliki peran penting dalam membangkitkan motivasi belajar anak usia dini. Guru menerapkan strategi menarik agar anak merasa senang dan terdorong belajar. Minimnya minat anak usia dini menghafal Al-Qur’an dipengaruhi perasaan tidak mampu, sehingga semangat menghafal kurang. Kurangnya penguasaan tajwid, makharijul huruf, dan kelancaran membaca Al-Qur’an juga menjadi faktor kurangnya motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan peran guru terhadap motivasi menghafal siswa di RA Tahfizh Al Furqon Ponorogo, (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat peran guru terhadap motivasi menghafal siswa. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan, reduksi, penyajian, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peran guru dalam memotivasi siswa meliputi: (a) guru sebagai suri tauladan (role model), (b) guru sebagai penyedia dan pengelola lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif, serta (c) guru sebagai motivator. (2) Faktor pendukung meliputi kehadiran guru yang konsisten, kualitas dan kredibilitas guru tahfidz yang mendukung program, serta disiplin guru saat mengajar. Faktor penghambat adalah suasana kelas yang terkadang bising karena siswa bermain atau berbicara. Namun, guru mengatasinya dengan nasehat lembut dan peringatan edukatif, seperti mengajak murojaah bersama. Selain peran guru dalam motivasi, kerjasama dengan keluarga dan lingkungan sekitar sangat diperlukan agar pembelajaran tahfidz berjalan optimal dan siswa dapat mencapai target yang ditentukan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Febia Lathifah, Dian Kristiana, Betty Wulansari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Edupedia Journal has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Journal. Edupedia.


