PERAN GURU TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA DI RA TAHFIZH AL-FURQON PONOROGO

Authors

  • Febia Lathifah Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Dian Kristiana
  • Betty Wulansari

DOI:

https://doi.org/10.24269/ed.v9i2.3463

Abstract

Guru memiliki peran penting dalam membangkitkan motivasi belajar anak usia dini. Guru menerapkan strategi menarik agar anak merasa senang dan terdorong belajar. Minimnya minat anak usia dini menghafal Al-Qur’an dipengaruhi perasaan tidak mampu, sehingga semangat menghafal kurang. Kurangnya penguasaan tajwid, makharijul huruf, dan kelancaran membaca Al-Qur’an juga menjadi faktor kurangnya motivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan peran guru terhadap motivasi menghafal siswa di RA Tahfizh Al Furqon Ponorogo, (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat peran guru terhadap motivasi menghafal siswa. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan, reduksi, penyajian, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Peran guru dalam memotivasi siswa meliputi: (a) guru sebagai suri tauladan (role model), (b) guru sebagai penyedia dan pengelola lingkungan belajar yang nyaman dan kondusif, serta (c) guru sebagai motivator. (2) Faktor pendukung meliputi kehadiran guru yang konsisten, kualitas dan kredibilitas guru tahfidz yang mendukung program, serta disiplin guru saat mengajar. Faktor penghambat adalah suasana kelas yang terkadang bising karena siswa bermain atau berbicara. Namun, guru mengatasinya dengan nasehat lembut dan peringatan edukatif, seperti mengajak murojaah bersama. Selain peran guru dalam motivasi, kerjasama dengan keluarga dan lingkungan sekitar sangat diperlukan agar pembelajaran tahfidz berjalan optimal dan siswa dapat mencapai target yang ditentukan.

Published

2025-11-21

How to Cite

Lathifah, F., Kristiana, D., & Wulansari, B. (2025). PERAN GURU TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA DI RA TAHFIZH AL-FURQON PONOROGO. EDUPEDIA, 9(2). https://doi.org/10.24269/ed.v9i2.3463

Issue

Section

Articles