Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Soal Cerita Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Minat Belajar
DOI:
https://doi.org/10.24269/ed.v4i2.540Keywords:
Kesulitan siswa, Pemecahan Masalah, Soal Cerita, Minat belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan kesulitan memecahkan masalah soal cerita, (2) mendeskripsikan minat belajar, dan (3) mendeskripsikan perbandingan siswa minat belajar tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan 6 subjek kelas V. Cara pemilihan subjek yaitu pertama diberikan angket kepada 15 siswa kemudian digolongkan sesuai dengan kategori minat belajar masing-masing. Setelah itu dipilih 2 siswa dari masing-masing minat belajar yang memenuhi kriteria dengan memiliki komunikasi yang baik. Dari keenam siswa tersebut kemudian diberikan soal tes berupa soal cerita materi bangun datar. Setelah diberikan soal, kemudian hasil jawaban siswa dianalisis dan dilakukan wawancara untuk menggali informasi lebih dalam terkait hasil jawaban siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan minat belajar tinggi dapat memahami soal, mengoperasikan pecahan, dan merefleksikan proses.Namun masih sulit untuk menerapkan berbagai strategi. Untuk subjek dengan minat belajar sedang siswa sulit memahami soal, sulit mengoperasikan pecahan. Namun dapat mefleksikan proses memecahkan masalah meskipun sulit menerapkan berbagai strategi. Untuk subjek dengan minat belajar rendah siswa sulit memahami soal, sulit mengoperasikan pecahan, siswa juga sulit menerapkan berbagai strategi serta merefleksikan proses dalam memecahkan masalah.
References
Abdurrahman, M. 2012. Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Abdurrahman, Mulyono. 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Herlambang. 2013. Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas
VII-A SMP negeri 1 kepahiang tentang bangun datar ditinjau dari teori Van Hile.
Tesis tidak diterbitkan. Bengkulu: PPs Univeritas Bengkulu.
Martini, J. 2014. Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nurdalilah, dkk. 2013. “Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematika dan Pemecahan
Masalah pada Pemebelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Konvensional di SMA Negeri 1 Kualuh Selatan.â€
Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 109-119
Solso, Robert L, dkk. 2008. Pisikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga
Widdiharto, R. 2008. Diagnosis kesulitan belajar matematika SMP dan alternatif proses remidinya. Jakarta: Depdiknas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Edupedia Journal has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Journal. Edupedia.