IMPLEMENTASI MEDIA WARBEN HUBBUL ILMII UNTUK MENSTIMULUS PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.24269/ed.v4i2.542Keywords:
Media Warben Hubbul Ilmii, Perkembangan Kognitif, Anak Usia DiniAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan media warben hubbul ilmii untuk menstimulus perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B dan guru kelas TK Negeri Pembina Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis yang digunakan adalah analisis Miles dan Huberman. Analisis ini terdiri dari berbagai analisi yaitu reduksi data, penyajian data dan vertifikasi data atau simpulan. Hasil dari penelitian ini adalah implementasi media warben hubbul ilmii untuk menstimulus perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Ponorogo menunjukkan bahwa anak aktif ketika kegiatan pembelajaran terutama aktivitas mengenal warna, bentuk, dan angka dengan media warben hubbul ilmii. Guru makin mudah berinteraksi dengan anak ketika menggunakan media warben hubbul ilmii sebagai penunjang dalam proses aktivitas pembelajaran di dalam kelas. Berdasarkan hasil proses penelitian maka dapat disimpulkan bahwa implememntasi media warben hubbul ilmii sudah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari aspek belajar pemecahan masalah terjadi bila individu menggunakan berbagai konsep atau prinsip untuk menjawab suatu pertanyaan, berfikir logis mengklarifikasikan benda, berdasarkan fungsi, bentuk, warna atau ukuran, mengenal gejala sebab akibat yang terkait dengan dirinya, mengklarifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau mengenal pola, dan berfikir simbolik yaitu menghitung jumalah banyak benda satu sampai dua puluh , mengenal konsep bilangan, mengenal lambang bilangan dan mengenal lambang huruf.References
Chrestiany, S. 2018. Implementasi media boneka jari dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia dini kelompok B Di TK Kosgoro Surabaya. Jurnal PAUD Teratai. Volume 07 ,Nomor 01,Tahun 2018.
Fadlillah,M. 2016. Buku Ajar Bermain dan permainan anak usia dini.Ponorogo.Kencana Prenada Media Group.
Fadlillah,M 2014. Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media.
Lexy J. Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong Lexy J.2016. Metode Kualitatif. Bandung. Remaja Rosda Karya.
Mukhtar Latif. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana. Mawarti, S. 2018. Implementasi Media pembelajaran visual Untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di Ra Perwaninda Gejuga, Tajung, Klego, Boyolali Tahun Ajaran 2017/2018. Diunduh dari http://eprints.iain-surakarta.ac.id/2539/1/SITA%20MAWARTI.pdf .
Nelva Rolina. 2012. Alat Permainan Edukatif Untuk AUD. Yogyakarta: Ombak (Anggota IKAPI).
Prastowo Andi. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.
Permendikbud Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014. Tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak.
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Kauntitatif Dan R & D. Bandung. Alfabeta.
Sri Anitah. 2012. Media Pembelajaran. Surakarta: Yusma Pust. Sudjana dan Rivai. 2013. Media Pengajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Edupedia Journal has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Journal. Edupedia.