Meta Analisis Model Role Playing atau Bermain Peran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24269/ed.v5i1.688Abstract
Abstrak : Model Role Playing atau bermain peran adalah permainan gerak yang didalamnya terdapat tujuan dan aturan bermain. Tujuan penelitian untuk menganilisis kembali model Role Playing atau bermain peran untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu meta analisis. Peneliti mengawali dengan merumuskan masalah penelitian dan mencari hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis. Data dikumpulkan dengan mencari melalui jurnal elektronik seperti google scholar dengan kata kunci “hasil belajarâ€, “Role Playingâ€, “ Pembelajaran IPS SD †dari penelusuran diperoleh 30 artikel dan diambil yang relevan 10 artikel dari jurnal. Data dianalisis dengan menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis peneliti model bermain peran mampu meningkatkan hasil belajar IPS dari yang terendah 12,44% hingga yang tertinggi 58,40% dengan hasil rata-rata 27,03%. Dari perhitungan effect size skor yang didapat yaitu 2,65 masuk dengan kategori besar. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar IPS SDDownloads
Published
2021-05-08
How to Cite
Masnarati, C., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Model Role Playing atau Bermain Peran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. EDUPEDIA, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.24269/ed.v5i1.688
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Edupedia Journal has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Journal. Edupedia.