Dampak Penggunaan Sosial Media Overload Terhadap Performa Akademik di Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.24269/ed.v5i1.693Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji dan menganalisa dampak dari pengaruh Overload sebagai akibat dari penggunaan media sosial secara berlebihan terhadap performa akademik mahasiswa. Subjek Penelitian ini merupakan kumpulan mahasiswa yang ada di Kota Batam yang sedang mengambil program sarjana (S1) dan dapat merupakan seorang mahasiswa penuh waktu maupun paruh waktu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan secara kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan metode Stratified Disproportionate Random Sampling. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner online melalui berbagai platform media sosial. Dari hasil penyebaran kuesioner, penelitian mendapatkan data dengan total jumlah responden terkumpul sebanyak 103 mahasiswa. Pengujian hipotesis kemudian dilakukan melalui uji regresi linear dan seluruh analisis dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik Information Overload, Communication Overload, hingga Social Overload berpengaruh terhadap tingkat Technostress dan Exhaustion yang dialami oleh pengguna media sosial, namun hanya Social Overload yang memiliki dampak paling signifikan terhadap efek Exhaustion. Sementara itu, juga telah dibuktikan bahwa baik Technostress dan Exhaustion tidak memiliki pengaruh terhadap performa akademik mahasiswa. Melalui hasil dari penelitian ini, diharapkan di kemudian hari dapat menjadi referensi dan tambahan pengetahuan pembaca khususnya bagi para mahasiswa dalam penggunaan media sosial sehingga pada akhirnya dapat lebih memperhatikan gejala overload ini dan meminimalisir dampaknya terhadap hasil akademik mahasiswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Edupedia Journal has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Journal. Edupedia.