Penanaman Karakter Religius Melalui Program Keagamaan Pada Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bungkal

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Erni Yuliana
Muhammad Fadlillah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Penanaman karakter Religius Melalui Program Keagamaan Pada Anak Usia Dini di Tk Aisyiyah Bungkal. Subjek Penelitian ini adalah 72 anak usia dini pada kelas A dan B. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif model Miles dan Hubberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, kesimpulan, penggambaran, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman karakter religius melalui program keagamaan pada anak usia dini berjalan dengan baik sesuai dengan dokumen RPPH yang berdasar kepada tiga aspek, yaitu 1. Aspek Ketuhanan, 2. Aspek sosial, dan 3. Aspek Alam. Adapun program keagamaan dalam rangka penanaman karakter religius di TK Aisyiyah Bungkal meliputi ; 1. Program shalat Dhuha berjamaah yang didalamnya memuat karakter ketuhanan, sosial dan alam. 2. Program berwudhu yang memuat karakter ketuhanan dan alam. 3. Mengaji yang didalamnya ada karakter ketuhanan dan sosial. 4. Hafalan surat pendek, do’a, hadits dan asmaul husna yang memuat karakter ketuhanan. 5. Mengucap dan menjawab salam yang mencakup aspek ketuhanan dan sosial. 6. Sedekah yang didalamnya ada karakter ketuhanan dan sosial. 7. Kebersihan diri dan lingkungan, yang mencakup karakter ketuhanan, sosial dan alam. 8. Toilet Training yang memuat karakter ketuhanan dan sosial. 9. Merapikan kelas dan APE yang didalamnya termuat aspek ketuhanan, sosial dan alam. Program keagamaan dalam rangka penanaman karakter religius di TK Aisyiyah Bungkal berjalan secara terpadu dan berkesinambungan dalam bingkai kegiatan harian dan tidak berjalan secara parsial. Pada masa pandemi, program keagamaan dilakukan melalui doa moda, yaitu moda luar jaringan dan moda dalam jaringan dengan pelibatan orang tua dalam pengawasan dan pembimbingan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Amaliyah, Naila. Asnawi, L. & Fahmi. 2019. Meningkatkan Karakter Religius Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Gerak dan Lagu. JPP PAUD FKIP Untirta, No 1 Vol. 6
  2. Cresswell, Jhon W. 2009. Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Terjemahan oleh Achmad Fawaid. 2017. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Fadlillah, M. 2017. Buku Ajar, Bermain dan Permainan, Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
  4. Fadlillah, M. 2018. Buku Ajar, Konsep Dasar PAUD. Ponorogo: UNMUH Ponorogo Press
  5. Fadlillah, M & Khorida, LM. 2020. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
  6. Fatmawati, Kurnia. 2016. Penanaman Karakter Religius dalam Pendidikan Kepramukaan di MI Maarif Banyukuning Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2015-2016. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
  7. Hasbi, M. Maryana. Suwarni, N. Albertus, DK. Mangunwibawa, A. DKK. 2019. Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini
  8. Kesuma, Dharma. Triatna, Cepi. Permana, Johar. 2013. Pendidikan Karakter, kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: CV Rosda Karya
  9. Kurniawan, Syamsul. 2017. Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
  10. Kemdikbud. 2020. Kamus Besar Bahasa Indonesia, versi Daring. (Online) https://kbbi.kemdikbud.go.id/
  11. Murniyati. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter Religius Terhadap Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional 20: Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
  12. Sahlan, Asmaun & Prastyo, AT. 2017. Desain Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
  13. Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
  14. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
  15. Wulansari, Betty Yulia. 2019. Model Pembelajaran Berbasis Alam untuk Anak Usia Dini. Ponorogo : UMP Press