Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Brand Satisfcation Terhadap Brand Loyalty Pengguna Marketplace Tokopedia

Ratih Pramudita(1*), Siti Chamidah(2), Dwi Warni Wahyuningsih(3)
(*) Corresponding Author

DOI: 10.24269/iso.v6i2.1243


Abstract


Keberadaan konsumen dengan loyalitas tinggi sangat diperlukan dan untuk meningkatkan loyalitas pada merek dapat diwujudkan melalui melalui brand image, brand trust dan brand satisfaction. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh brand image, brand trust dan brand satisfaction terhadap brand loyalty pada pengguna marketplace Tokopedia di Ponorogo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pengguna Tokopedia di Ponorogo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand image tidak berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty, dan brand trust, brand satisfaction berpengaruh signifikan terhadap brand loyalty pengguna marketplace Tokopedia di Ponorogo.

Kata Kunci : Brand Image, Brand Trust, Brand Satisfcation, dan Brand Loyalty


Full Text:

References


  1. Anjani, A. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Brand LoyaltyLipstik Revlon (Studi Kasus Konsumen Lipstik Revlon di Yogyakarta). Skripsi.
  2. Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan merek (Planning & Strategy). Buku Pemasaran Produk Dan Merek, August, 336.
  3. Hasugian, J. T. M. (2015). Pengaruh Brand Identity Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Image dan Brand Trust. Jurnal Administrasi Bisnis, 3(4), 923–937.
  4. Kusuma, Y. S. (2014). Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Satisfaction Dan Brand Trust Harley Davidson Di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–11.
  5. Maria, R. T. (2017). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan
  6. Mediaindonesia.com (2021). Penelitian Kantar ungkap Peta Persaingan E-Commerce di Tengah Pandemi 2021, diakses pada laman https://m.mediaindonesia.com/ekonomi/448606/penelitian-kantar-ungkappeta-persaingan-e-ecommerce-di-tengah-pandemi-2021. (Diakses pada tanggal 15 Desember 2021)
  7. Musfar, F. T. (2020). Bauran Pemasaran
  8. Miharni Tjokrosaputro, I. A. D. (2020). Pengaruh Brand Satisfaction, Brand Trust, dan Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Kompas Digital. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(1), 60. https://doi.org/10.24912/jmbk.v4i1.6801
  9. Nuddin, A. khalishah. (2017). Pengaruh Pengalaman Merek , Kepuasan dan Kepercayaan Merek Dalam Membangun Loyalitas Merek : Penelitian Empiris Pada Merek Samsung. Jurnal Ilmu Manajemen, 1–23. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/10681/08. Naskah Publikasi
  10. %28Jurnal%29.pdf?sequence=18&isAllowed=y
  11. Pratiwi, D. M., Saerang, D. P. ., & Tumewu, F. (2015). The Influence of Brand Image, Brand Trust and Customer Satisfaction on Brand Loyalty (Case of Samsung Smartphone). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5), 377–385
  12. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
  13. Utomo, I. W. (2017). PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND AWARENESS, DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PELANGGAN ONLINE SHOPPING (Studi
  14. Kasus Karyawan Di BSI Pemuda). Komunikasi, VIII(1), 78. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/2327/1607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.