Analisis Pengaruh Promosi, Harga dan Personal Selling terhadap Keputusan Konsumen Membeli Motor Honda pada PT. Cahaya Unggul Nusantara Cabang Madiun

Sugeng Santoso, Theresia Pradiani, Fathorrahman Fathorrahman

Abstract


PT. Cahaya Unggul Nusantara Cabang Madiun dalam satu tahun terakhir di tahun 2021 sudah melakukan kegiatan promosi antara lain dengan melakukan pengiklanan melalui sosial media baik yang gratis maupun berbayar, sebar brosur, canvassing, memberikan voucher potongan harga servis untuk setiap pembelian motor, prospecting dan yang sebagai deferensiasinya adalah program yang disebut “STNK 14 Hari Jadi” program tersebut membedakan dari dealer lainnya karena saat ini banyak dealer yang menguruskan STNK kadang bisa sampai 1 atau 2 bulan belum jadi, dan program ini mendapat apresiasi yang bagus dari konsumen. Tujuan Penelitian untuk mengetahui : 1. Mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian di PT. Cahaya Unggul Nusantara Cabang Madiun. 2. Mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian di PT. Cahaya Unggul Nusantara Cabang Madiun. 3. Mengetahui pengaruh personal selling terhadap keputusan pembelian di PT. Cahaya Unggul Nusantara Cabang Madiun. Metode pengambilan sampel adalah metoda proporsional adalah pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak, dimana keseluruhan 86 konsumen di PT. Cahaya Unggul Nusantara Cabang Madiun, dijadikan sampel pada penelitian ini. Hasil Penelitian adalah 1. Menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara Promosi terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Pada PT. Cahaya Unggul Nusantara Cabang Madiun. 2. Menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara Harga terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Pada PT. Cahaya Unggul Nusantara Cabang Madiun. 3. Menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif anatara Personal Selling terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Pada PT. Cahaya Unggul Nusantara Cabang Madiun.

Kata Kunci  : Promosi, Harga, Personal Selling Dan Keputusan Pembelian

 


References


Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Bahri, S. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: CV Andi Offset.

BPS. (2021, 02 05). Biro Pusat Statistik. Retrieved from https://www.bps.go.id/: https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/02/05/1811/ekonomi-indonesia-2020-turun-sebesar-2-07-persen--c-to-c-.html

BPS. (2022, 02 07). Biro Pusat Statistik. Retrieved from https://www.bps.go.id/: https://www.bps.go.id/pressrelease/2022/02/07/1911/ekonomi-indonesia-triwulan-iv-2021-tumbuh-5-02-persen--y-on-y-.html

Ervandi, M. Z., & Nainggolan, R. (2021, Juni). Pengaruh Personal Selling Dan Direct Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Thai Tea Di Surabaya. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kartajaya, H., & Ridwansyah, A. (2015). WOW Selling. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka utama.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. (B. Sabran, Trans.) Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2021). Principles of Marketing 18e Global Edition. Harlow: Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15 Global Edition. Harlow: Pearson.

Noviyanti, I., Hayati, F. A., & Saputra, R. (2019, Desember). Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Story-I Mall Alam Sutera. JURNAL MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 230 - 243.

Pradana, H. A., & Hadi, M. (2021, Desember). Pengaruh Gaya Hidup Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Santa Cruz Pada Toko Sepeda Barokah Bike Malang. J A B Jurnal Aplikasi Bisnis.

Putra, R. V., Machasin, & Nas, S. (2021). Pengaruh Sales Promotion, Personal Selling dan Advertising terhadap Keputusan Pembelian Produk Buku Terbitan CV. As Salam di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi KIAT.

Putranto, I., & Kartoni. (2020, Juni). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Tupperware (Studi Kasus Ibu Rumah Tangga di Perumahan Kunciran, Tangerang). JURNAL MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 94 - 104.

Rifa’I, B., Mitariani, N. W., & Imbayani, I. G. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Internet Di Gallery Smartfren Denpasar. Jurnal VALUES.

Sjawal, B. P., Mananeke, L., & Jorie, R. J. (2020, Juli). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Memilih Kafe (Studi Kasus Pada Konsumen Blen.Co Café Manado). Jurnal EMBA, 379-388.

Solihin, D. (2020, Juni). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. JURNAL MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 38 - 51.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Triputranto, B., & Pratama, P. T. (2021). Analisis Pengaruh Promosi Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda (Studi Pada Pengguna Sepeda Motor Honda di Kota Situbondo). Jurnal Bisnis dan Pemasaran.

Yasin, R. A. (2020, Desember). Pengaruh Advertising, Sales Promotion, Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Ma Bruschetta. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/iso.v6i2.1384

DOI (PDF): https://doi.org/10.24269/iso.v6i2.1384.g676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.