PENGARUH EXPERIENTAL MARKETING,KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN WARDAH PADA MAHASISWI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO
Abstract
Manusia pada hakikatnya memiliki banyak kebutuhan untuk menjaga kelangsungan hidupya, salah satunya kosmetik yang merupakan kebutuhan wanita, hal tersebut akan menciptakan potensi pasar yang sangat besar di industri kosmetik, konsumen dalam melakukan pembelian produk biasanya melihat kualitas produk, dan citra mereknya. PT Paragon Technologi and Innovation adalah salah satu perusahaan yang memproduksi kosmetik. Dilihat dari data top brand penjualan kosmetik wardah selalu mengalami pertumbuhan setiap tahunnya, pertumbuhan pada tahun 2014 13,0%, tahun 2015 14,9% dan tahun 2016 naik 15,5% dapat diketahui kenaikan pada tahun 2014 ke tahun 2015 lebih tinggi dibandingkan kenaikan pada tahun 2015 ke 2016. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Experiental Marketing,kualitas produk, citra merek terhadap Loyalitas Konsumen Wardah pada Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Ponorogo tahun akademik ganjil 2017/2018 yang menggunakan produk kecantikan Wardah yang berjumlah 3112. Sampel dihitung menggunakan rumus Simple rondom sampling sebanyak 130 responden. Metode analisis data penelitian ini menggunakan Regresi Linier Berganda dengan tingkat signifikan sebesar 5%.”Hasil penelitian menunjukkan bahwa experiental marketing dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen tetapi citra merek tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Simpulan dari penelitian ini adalah konsumen dalam membeli sebuah produk tidak hanya melihat citra merek karena menurut mereka tidak semua konsumen beranggapan wardah mempunyai reputasi yang bai,dan juga desain yang menarik sehingga konsumen menilai bahwa membeli produk wardah tidak bedasarkan citra merek, dan experiental marketing dan kualitas produk merupakan salah satu penentu loyalitas konsumen karena fitur experiental marketing yaang baik, dan kualitas produk “yang bagus akan menciptakan loyalitas konsumen, jadi semakin tinggi experiental marketing dan kualitas produk yang dimiliki maka akan meningkatkan loyalitas konsumen.
Refbacks
- There are currently no refbacks.