Analisis Peran Moderasi Perceived Value pada Hubungan antara Kepuasan Pengguna dan Niat Penggunaan E-wallet DANA

Bunga Santika Harfian(1), Purbo Jadmiko(2*)
(*) Corresponding Author

DOI: 10.24269/iso.v8i1.2249


Abstract


Penggunaan dompet digital semakin meluas dalam perilaku konsumen saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman mendalam dan menganalisis hubungan antara nilai yang dirasakan (perceived value) dan niat untuk terus menggunakan layanan Dana e-wallet di Kota Padang. Survei dilakukan dengan melibatkan 72 responden. Data yang dikumpulkan bersifat kuantitatif melalui teknik survei. Analisis data dilakukan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Temuan penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengguna terhadap nilai yang dirasakan secara positif berkorelasi dengan niat untuk terus menggunakan layanan, dan bahwa nilai yang dirasakan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap niat pengguna untuk terus menggunakan Dana e-wallet di Kota Padang. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya memperhatikan nilai yang dirasakan oleh pengguna dalam mengembangkan strategi pemasaran dan pengembangan layanan e-wallet, terutama di pasar Kota Padang yang berkembang pesat. Dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi niat pengguna, perusahaan dapat meningkatkan retensi pelanggan dan kesetiaan merek dalam ekosistem dompet digital.


Full Text:

References


  1. Apidana, Y. H., Suroso, A., & Setyanto, R. P. (2020). Model Penerimaan Teknologi Mobile Payment Pada Digital Native Dan Digital Immigrant Di Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi. https://doi.org/10.32424/jeba.v21i4.1542
  2. Bhattacherjee, A. (2001). Understanding Information Systems Continuance: An Expectation-Confirmation Model. Mis Quarterly. https://doi.org/10.2307/3250921
  3. Darmiasih, M., & Setiawan, P. Y. (2020). Continuance Usage Intention and Its Antecedents on Using OVO E-Wallet Application in Denpasar. International Research Journal of Management It and Social Sciences. https://doi.org/10.21744/irjmis.v8n1.1104
  4. Davis, F. . (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(5), 319–339.
  5. Fong, S. C. C., & Ho, M. W. H. (2014). Accounting Information Systems End-User Satisfaction: Evidence of Hong Kong Housing Authority. The International Technology Management Review. https://doi.org/10.2991/itmr.2014.4.1.3
  6. Guo, Y., & Lv, X. (2019). Research on Influencing Factors of Users’ Continuance Intention to Use Car-Hailing Apps. https://doi.org/10.2991/bems-19.2019.34
  7. Jadmiko, P., Pasha, F., & Najib Razali, M. (2024). Intention to Use on the Use of E-Wallet Link Aja: How Important is Hedonic Motivation? Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 19(1), 60–67. https://doi.org/10.37301/jmubh.v19i1.24342
  8. Jatimoyo, D., Rohman, F., & Djazuli, A. (2021). The Effect of Perceived Ease of Use on Continuance Intention Through Perceived Usefulness and Trust. International Journal of Research in Business and Social Science (2147-4478). https://doi.org/10.20525/ijrbs.v10i4.1223
  9. Lai, T. L. (2004). Service Quality and Perceived Value’s Impact on Satisfaction, Intention and Usage of Short Message Service (SMS). Information Systems Frontiers, 6(4), 353–368. https://doi.org/10.1023/B:ISFI.0000046377.32617.3d
  10. Nursukma, H., Farida, U., & Widhianingrum, W. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan Data, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Resiko Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei Pada Pengguna Tokopedia di Ponorogo). ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 5(2), 214. https://doi.org/10.24269/iso.v5i2.795
  11. Patil, P. P., Tamilmani, K., Rana, N. P., & Raghavan, V. (2020). Understanding Consumer Adoption of Mobile Payment in India: Extending Meta-Utaut Model With Personal Innovativeness, Anxiety, Trust, and Grievance Redressal. International Journal of Information Management. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102144
  12. Pratiwi, K. P., & Prihastuty, R. (2021). Customer Perceived Value Dan Online Repurchase Intention Pada Pengguna E-Commerce Shopee. Jurnal Psikologi Perseptual. https://doi.org/10.24176/perseptual.v6i2.5128
  13. Purba, M., Samsir, S., & Arifin, K. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan dan Niat Menggunakan Kembali Aplikasi OVO Pada Mahasiswa Pascasarjana Universitas Riau. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, 12(1), 151–170.
  14. Shin, A.-R., & Song, H.-D. (2022). The Effects of Basic Psychological Needs, Task–Technology Fit, and Student Engagement on MOOC Learners’ Continuance Intention to Use. Human Behavior and Emerging Technologies. https://doi.org/10.1155/2022/6444509
  15. Sulistyowati, R., Paais, L., & Rina, R. (2020). Persepsi Konsumen Terhadap Penggunaan Dompet Digital. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 4(1), 17. https://doi.org/10.24269/iso.v4i1.323
  16. Teo, A.-C., Tan, G. W., Ooi, K., Hew, T.-S., & Yew, K.-T. (2015). The Effects of Convenience and Speed in M-Payment. Industrial Management & Data Systems. https://doi.org/10.1108/imds-08-2014-0231
  17. https://goodstats.id/article/ini-10-e-wallet-yang-paling-sering-dipakai-masyarakat-indonesia-M4TA4 .

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.