Peran Media Sosial terhadap Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Penjualan Pada CV. Bintama Makmur Paciran Lamongan

Yulie Wahyuningsih(1), Finna Puspa Sari(2), Nisa Ananda Wulandari(3*), Nisa Ananda Wulandari(4), Ery Shofia Deviani(5), Ery Shofia Deviani(6)
(*) Corresponding Author

DOI: 10.24269/iso.v7i2.2283


Abstract


Untuk lebih memahami CV. Pendekatan pemasaran Bintama Makmur Paciran Lamongan, penelitian ini akan mengkatalogkan dan mengkaji banyak taktik yang telah digunakan perusahaan di masa lalu. Iklim bisnis saat ini ditandai dengan maraknya teknologi pemasaran bisnis, seperti penggunaan media sosial sebagai media promosi. Informasi disebarluaskan, daya tarik produk dibangun, volume penjualan ditingkatkan dan dipertahankan. Subyek penelitian ini adalah para karyawan dan pekerja CV. Penelitian ini dilakukan di Bintama Makmur Paciran Lamongan, dan jumlah sampelnya adalah 22 orang. Hal ini mengarahkan kita untuk memilih strategi pengambilan sampel jenuh. Penelitian ini memiliki hubungan tiga arah antara strategi pemasaran (X), penjualan (Y), dan media sosial (Z). Metode pengumpulan data rinci perangkat lunak IBM SPPSS statistik 26 digunakan untuk analisis data penelitian ini (1) wawancara, (2) kuesioner, dan (3) dokumentasi. Penelitian strategi pemasaran untuk mendongkrak penjualan menunjukkan bahwa taktik tersebut berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan CV. Lamongan, Bintama Makmur Paciran. Tetapkan tingkat signifikansi sig 0,000 0,05 untuk ini. Nilai Thitung sebesar 2,065 juga lebih signifikan dibandingkan dengan nilai Ttabel sebesar 2,07387. Data menunjukkan bahwa media sosial berdampak besar terhadap pertumbuhan penjualan CV. Lamongan, Bintama Makmur Paciran. Nilai sig sebesar 0,0000,05 menunjukkan hal tersebut. Selain itu selisih nilai Thitung dan Ttabel lebih besar yaitu sebesar 2,07387.

Kata Kunci: Media Sosial, Strategi Pemasaran, Produk, Harga, Promosi, Tempat, Peningkata Penjualan.


Full Text:

References


  1. Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada.
  2. Assauri, S. 2017. Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers. Jakarta.
  3. Aqib, Z. Wahyuningsih, Y. 2021. Metode Penelitian Ekonomi dan Bisnis. Feb Umla. Lamongan.
  4. Arikunto, S. 2006. Manajemen Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.
  5. Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.
  6. Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.
  7. Boone, Louis E. Kurtz, David L. 2008. Pemasaran Bisnis Kontenpore. Buku 1. Salemba Empat. Jakarta.
  8. Creswell, Jhon W. 2010. Research Design Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed. Edisi Ketiga. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
  9. Dani, U. 2019. Pengaruh Pemasaran Produk Makanan Minuman Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus di Green Café 15 A Kota Metro). Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Metro.
  10. Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
  11. Husein, Umar. 2005. Metode Penelitian Untuk Tesis dan Bisnis. Grafindo. Jakarta.
  12. Indra, H. 2021. Analisis Strategi Pemasaran (Media Sosial) Pada Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Di Era Covid-19 (Studi Kasus di CV Tri Utami Jaya). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Mataram. Mataram.
  13. Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen pemasaran. PT Penerbit Erlangga..
  14. Maholtra. 2005. Riset Pemasaran. Jilid I. Edisi 4. Indeks Kelompok. Gramedia. Jakarta.
  15. Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Prespektif Budaya, dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media
  16. Nofianto, H. 2019. Bintama Makmur: Toko Bahan Bangunan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.
  17. Sugiyono. 1999. Metodologi Penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung.
  18. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
  19. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
  20. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
  21. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), R&D. Alfabeta. Bandung.
  22. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta..
  23. Rizki, E.2021. Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada PT. Bima Sakti Mutiara. Skripsi. Universitas Muhammadiah Mataram. Mataram.
  24. Irawan, H. Suyitno. Haryanto. Aqib, Z. 2023. Pedoman Penyusunan Skripsi. Universitas Muhammadiyah Lamongan. Cetakan Kedua. Penerbit Progresif. Lamongan.
  25. Warren, Reeve, E. Duchac.2012. Suhardianto, Kalanjati, Jusuf D. Djakman. 20014. Pengantar Akutansi. Selemba Empat. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.