Pengaruh kualitas pelayanan exterior dan interior terhadap kepuasan konsumen (studi Kasus pada Caffe Jiero Wadangan Jl. Bali No. 17 Madiun)
DOI:
https://doi.org/10.24269/iso.v3i1.235Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan, exterior, dan
interior terhadap kepuasan†konsumen. Populasi penelitian ini adalah konsumen caffe jiero
wedangan Madiun. Tekniknpengambilannsampelnyangndigunakan adalahninsidental
sampling,nsehinggandiperoleh 90 responden yang dijadikan sebagainsampelnpenelitian.
Metodenstatistiknyangndigunakannadalahnpengujiannsecaranparsial, simultan untuk menguji
pengaruhnsecaranlangsung kualitas pelayanan, exterior dan interior terhadap kepuasan
konsumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitasn pelayanannberpengaruh
positif dannsignifikan terhadapnkepuasan konsumen,exterior tidak berpengaruhndan negatif
terhadap struktur modal, dan interior berpengaruhnpositifndannsignifikan terhadapnkepuasan
konsumen. Hasil penelitian secara simultan kualitasnpelayanan, exterior, dan interior
berpengaruhnsignifikannterhadapnkepuasan konsumen.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Assegaff, M. (2009). Analisis Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi & Bisnis. vol 10.2 , 4:10.
Ciputracueo. (2018, February). Diambil kembali dari http://ciputrauceo.net/blog/2016/2/18/kualitas-pelayanan-dimensi-dan-cara-mengukurnya
Fitrianto, R. (2017). Pengaruh Personal Selling dan Kemudahan Persyaratan terhadap Kepuasan Konsumen Mengajukan Kredit di Koperasi Primkopabri Magetan. Skripsi .
Hamdi. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Sleman: Deepublish.
Harianto, D., & Subagio, H. (2013). Analisa Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image dan Atmosfer terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Konsumen Kedai Deja-Vu Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 1. No. 1 , 3:1-8.
Kotler, P. (1995). Manajemen Pemasaran. Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.
Mahanani, S. (2010). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Pembayaran Rekening Listrik (Studi Pada Unit Pelayanan Pelanggan Semarang Barat). Skripsi , 32:1-128.
Mahasika, V. (2017). Pengaruh Exterior, Store Layout, dan Interior Display terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi , 33.
Maulana, L. (2015). Analisis Pengaruh Store Atmosphere, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indomaret Jetis Ponorogo. Skripsi , 27.
Setyaningrum, A., Udaya, J., & Effendi. (2015). Prinsip-Prinsip Pemsaran. Yogyakarta: Penerbit ANDI Yogyakarta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatid, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta .
Tendean, A., & Widodo, A. (2015). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Maja House Sugar & Cream Bandung). Jurnal Manajemen. Vol. 2. No.2 , 2:1-7.
Tjiptono, F. (2008). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Isoquant: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Isoquant: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.