PENGARUH PERSEPSI RISIKO, KEPERCAYAAN, DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI BUKA LAPAK (Studi Kasus Pada Komunitas Buka Lapak Ponorogo)
DOI:
https://doi.org/10.24269/iso.v3i1.243Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi risiko, kepercayaan, dan keamanan terhadap keputusan pembelian online di Buka Lapak. Perkembangan teknologi yang pesat memberikan dampak yang besar bagi berbagai aspek, tidak terkecuali pada dunia bisnis. Mengingat banyaknya situs jual beli online yang ada di dikenal oleh masyarakat sebagai contoh adalah Buka Lapak. Buka lapak merupakan marketplace yang memberikan keuntungan perusahaan, penjual ataupun konsumen.
Penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas, regresi linier berganda dan r square. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi risiko secara parcial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dengan nilai signifikan 0,001, kepercayaan secara parcial berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,005, dan keamanan secara parcial berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,002.
Kata Kunci : Persepsi Risiko, Kepercayaan, Keamanan, Keputusan Pembelian.
References
A.M Suresh dan R. Shashikala. (2011). Identifiying Factors of consumer perceived risk toward online shopping in india. IPEDR.
Adi, R. N. (2013). Analisa Faktor Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Dengan Sistem Pre Order Secara Online (Studi Kasus Pada Online Shop Chopper Jersey). Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro Semarang., 17.
Agus, L. A. (2010). DeterminanElectronic Loyalty (e-loyalty) Pada Website, Jurnal akuntansi & Auditing Indonesia, 14.
Alma, B. (2011). Dalam Manajemen Pemasaran dan pemasaran Jasa (hal. 205).
Amstrong, K. d. (2006). Dalam prinsip - prinsip pemasaran edisi 12 jilid 1. jakarta: erlangga.
Banes dalam Munandar. (2016). Pengaruh Harga, Celebrity Endorser, Kepercayaan, dan Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Di Media Sosial Instagram.
Featherman dan Pavlou, d. a. (2012). Analisis yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian melalui Social Networking Websites, 8.
Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang.
Hasan, A. (2013). Dalam marketing dan kasus-kasus pilihan (hal. 1). yogyakarta: caps publising.
Kanuk, L. G. (2010). Dalam Consumer behavior (10th ed). usa: prentica hall international .inc.
Kim, C. H. (2006). "The Effect of Information Satisfaction and Relational Benefit on Consumers Online Site Commitmennts",Journal of Electronic Commerce in Organizations, 4 .
Kuncoro, A., & dkk. (2008). Analisis Jalur. Bandung: Alfabeta.
Laudon, K. L. (2008). Dalam management information system: oranisaziation and tegnologi in the networked enterprise (hal. 63). new jersey: sixth edition.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Copyright
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Isoquant: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Isoquant: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi.
Â
License
Use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently published under the Creative Commons Attribution 4.0 International License (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
Â
This license permits anyone to copy and redistribute this material in any form or format, compose, modify, and make derivatives of this material for any purpose, including commercial purposes, as long as they give credit to the author for the original work.