PENGARUH PERSEPSI RISIKO, KEPERCAYAAN, DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI BUKA LAPAK (Studi Kasus Pada Komunitas Buka Lapak Ponorogo)

NAHLA RAHMA YUNITA(1*), HADI SUMARSONO(2), UMI FARIDA(3)
(*) Corresponding Author

DOI: 10.24269/iso.v3i1.243


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi risiko, kepercayaan, dan keamanan terhadap keputusan pembelian online di Buka Lapak. Perkembangan teknologi yang pesat memberikan dampak yang besar bagi berbagai aspek, tidak terkecuali pada dunia bisnis. Mengingat banyaknya situs jual beli online yang ada di dikenal oleh masyarakat sebagai contoh adalah Buka Lapak. Buka lapak merupakan marketplace yang memberikan keuntungan perusahaan, penjual ataupun konsumen.
Penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas, regresi linier berganda dan r square. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi risiko secara parcial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dengan nilai signifikan 0,001, kepercayaan secara parcial berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,005, dan keamanan secara parcial berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,002.
Kata Kunci : Persepsi Risiko, Kepercayaan, Keamanan, Keputusan Pembelian.


Full Text:

References


  1. A.M Suresh dan R. Shashikala. (2011). Identifiying Factors of consumer perceived risk toward online shopping in india. IPEDR.
  2. Adi, R. N. (2013). Analisa Faktor Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Dengan Sistem Pre Order Secara Online (Studi Kasus Pada Online Shop Chopper Jersey). Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro Semarang., 17.
  3. Agus, L. A. (2010). DeterminanElectronic Loyalty (e-loyalty) Pada Website, Jurnal akuntansi & Auditing Indonesia, 14.
  4. Alma, B. (2011). Dalam Manajemen Pemasaran dan pemasaran Jasa (hal. 205).
  5. Amstrong, K. d. (2006). Dalam prinsip - prinsip pemasaran edisi 12 jilid 1. jakarta: erlangga.
  6. Banes dalam Munandar. (2016). Pengaruh Harga, Celebrity Endorser, Kepercayaan, dan Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Di Media Sosial Instagram.
  7. Featherman dan Pavlou, d. a. (2012). Analisis yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian melalui Social Networking Websites, 8.
  8. Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang.
  9. Hasan, A. (2013). Dalam marketing dan kasus-kasus pilihan (hal. 1). yogyakarta: caps publising.
  10. Kanuk, L. G. (2010). Dalam Consumer behavior (10th ed). usa: prentica hall international .inc.
  11. Kim, C. H. (2006). "The Effect of Information Satisfaction and Relational Benefit on Consumers Online Site Commitmennts",Journal of Electronic Commerce in Organizations, 4 .
  12. Kuncoro, A., & dkk. (2008). Analisis Jalur. Bandung: Alfabeta.
  13. Laudon, K. L. (2008). Dalam management information system: oranisaziation and tegnologi in the networked enterprise (hal. 63). new jersey: sixth edition.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.