KONSEP KECERDASAN SPIRITUAL DALAM ALQURAN DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.24269/tarbawi.v1i1.2490Kata Kunci:
Kecerdasan Spiritual, perspektif Alquran, Pendidikan IslamAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan mendalami pemahaman terhadap konsep kecerdasan spiritual yang terdapat dalam Alquran sebagai sumber ajaran utama dalam Islam. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi relevansi kecerdasan spiritual dalam konteks pendidikan Islam, dengan harapan dapat memberikan panduan bagi praktisi pendidikan dalam menyelenggarakan pembelajaran yang holistik dan berbasis nilai-nilai keislaman. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan spiritual dalam Alquran adalah sebagai berikut: takwa dalam QS. Al-Baqarah (2:197) dan QS. Ali Imran (3:102), Sabar terdapat dalam QS. Al-Baqarah (2:155-157), dan syukur terdapat dalam QS. Ibrahim (14:7) dan QS. Al-Baqarah (2:152). Adapun kecerdasan spiritual dalam Alquran dan relevansinya dalam pendidikan Islam bahwa konsep kecerdasan spiritual dalam Alquran yang terdiri dari takwa, sabar, dan syukur dalam Alquran menyoroti pentingnya kehidupan spiritual dalam Islam. Takwa menjadi fondasi utama kecerdasan spiritual, mendorong pencarian pengetahuan bermanfaat dan kehidupan beretika. Sabar mengajarkan tekun dan ketenangan batin, sementara syukur membentuk karakter seseorang cerdas secara akademis dan spiritual. Integrasi nilai-nilai ini dalam pendidikan Islam membimbing individu menuju keselarasan antara dunia dan akhirat.
Referensi
Adz-Dzakiey, Hamdani Bakran. Prophetic Intelligence: Kecerdasan Kenabian Menumbuhkan Potensi Hakiki Insani Melalui Pengembangan Kesehatan Ruhani. Yogyakarta: Islamica, 2015.
Agustian, Ary Ginanjar. Esq Power Sebuah Inner Journey Al-Ihsan. Jakarta: Penerbit Arga, 2003.
Ahmad, H. Tafsil Saifuddin. “Relevansi Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Akhlak.†An-Nahdlah 5, no. 1 (2018): 59–69.
Alim, Akhmad. Pendidikan Jiwa Terapi spiritual Manusia Moderen. Jakarta: Al Mawardi Prima, 2018.
Azzet, Akhmad Muhaimin. Mengembangkan Kecerdasan Spiritual bagi Anak. Yogyakarta: Katahati, 2010.
Bensaid, Benaouda, Salah ben Tahar Machouche, dan Fadila Grine. “A Qur’anic framework for spiritual intelligence.†Religions 5, no. 1 (2014): 179–98.
Departemen Agama RI. Al-Qur′an dan Tafsirnya (Edisi yang Disempurnakan). Jakarta: Widya Cahaya, 2011.
Fadilah, Lutfi. “Konsep Prophetic Intelligence (Kecerdasan Kenabian) Dalam Pendidikan Islam Perspektif Hamdani Bakran Adz-Dzakiey.†Tesis, UIN Raden Intan Lampung, 2018.
Herman, Herman, Hery Saparjan Mursi, Ahmad Khoirul Anam, Ahmad Hasan, dan Ade Naelul Huda. “Relevansi Dekadensi Moral Terhadap Degradasi Lingkungan.†Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 8, no. 01 (2023). http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/alt/article/view/4329.
Mujib, Abdul, dan Jusuf Muzakkir. Nuansa-Nuansa Psikologi Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002.
Zohar, Danah, dan Ian Marshall. SQ: Kecerdasan Spiritual. Bandung: PT Mizan Pustaka, 2001.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

TARBAWI: Journal on Islamic Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.