ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL RANAH 3 WARNA DALAM PRESPEKTIF THOMAS LICKONA

Authors

  • Abdul Aziz unoversitas muhamadiyah ponorogo
  • Mistriati Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Nurul Iman Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Lilis Sumaryanti Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.24269/tarbawi.v1i2.3418

Abstract

Penelitian ini menganalisis nilai pendidikan karakter yang terdapat pada novel Ranah 3 Warna karya serta  menghubungkan dengan prespektif Thomas Lickona. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mrngetahui nilai pendidikan karakter dalam novel Ranah 3 Warna serta menghubungkan dengan sudut pandang Thomas Lickona. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pencarian perpustakaan. Sumber penelitian ini yaitu novel Ranah 3 Warna terdiri dari 51 sub bab, dengan tebal 169, buku Charakter Matters terdiri dari 13 sub bab dengan tebal 376 halaman, dan  Edukasi of Charakter terdiri dari 20 sub bab dengan tebal 632 halaman serta beberapa sumber sekunder lain yang terkait. Pendidikan karakter yang dapat ditemukan dalam novel Ranah 3 Warna yang terdapat pada prespektif Thomas Lickona yaitu (1) Pengetahuan moral meliputi kesadaran moral, pengetahuan tentang pengetahuan moral, pencabutan perspektif, pemikiran moral, pengambilan keputusan. (2) Penghargaan atas emosi, kepercayaan diri, empati, cinta untuk kebaikan, kontrol diri, dan kerendahan hati. (3) Tindakan moral termasuk kemampuan, harapan, dan kebiasaan.

Downloads

Published

2025-10-08

Issue

Section

Articles