PENGARUH SELF EFFICACY, DUKUNGAN SOSIAL, DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.24269/tarbawi.v1i1.2459Kata Kunci:
Self Efficacy, Dukungan Sosial, Motivasi Berprestasi, Prestasi Belajar Siswa.Abstrak
Setiap individu sudah memiliki modal untuk memperoleh prestasi belajar. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yang berasal dari interinsik dan eksterinsik seperti self efficacy, dukungan Sosial, dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal yang mempengaruhi motivasi berprestasi peserta didik. Dari faktor intrinsik yaitu self efficacy, motivasi berprestasi dan dari faktor ekstrinsik yakni dukungan sosial. Penelitian ini menggunakan metode yang bersifat kuantitatif yang kemudian diolah dengan metode statistika. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara variabel X1 (self efficacy), X2 (dukungan social), X3 (Motivasi berprestasi) terhadap Y (prestasi belajar).
Referensi
A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Apollo dan Cahyadi. 2012. Pengaruh Sikap Mandiri dan Dukungan Sosial Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Siswa Kelas XI Jurusan Pemasaran SMK PGRI 2 Kota Jambi. Jurnal Psikologi Vol. 1, No. 11.
Bandura, A. 1998. Self Efficacy, The Exercise of Control. New York: Freeman
Baron, R. A & Byrne, D. 2005. Psikologi Sosial, jilid 2. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Erlangga
Chaplin, James P. 2011. Kamus Lengkap Psikologi. (Edisi 1). Jakarta: Rajawali Pers. Ghufron. 2014. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: ArRuzz Media
Gomes, Faustino Cardoso. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Andi Offset.
H. Hadari Nawawi. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif. Cetakan ke-7. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.
Handoko, T. Hani. 2003. Manajemen Edisi 2. BPFE. Yogyakarta
Haryani, R. & Tairas, M.M.W. 2014. Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Berprestasi dari Keluarga Tidak Mampu Secara Ekonomi. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. Vol 03. No 01.
Islamuddin, H. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Judge, T. A, dan Bono, J. E. 2001. Relationship Of Core Self-Evaluations Traits Self Esteem, Generalized Self Efficacy, Locus Of Control, And Emotional Stability With Job Satisfaction And Job Performance: A Meta Analysis. The Journal of Applied Psychology, Vol. 86(1).
Lestari, Ayu.N. 2015. Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Motivasi Berprestasi pada Siswa MAN Pangkalan Balai Banyuasin III. Jurnal Bina Darma Palembang.
McClelland, D.C., Rindlisbacher, A., & Brown, D. 1987. The relationship of affiliative Arousal to Dopamine. Journal of Motivation and Emotion, 2.
Mona, M. G., Kekenusa, J. S., & Prang, J. D. 2015. “Penggunaan regresi linear berganda untuk menganalisis pendapatan petani kelapa, studi kasus: petani kelapa di desa beo, kecamatan beo, kabupaten talaudâ€. JdC. Vol. 4 (2).
Ndruru, R. E., Situmorang, M., & Tarigan, G. 2014. “Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi hasil produksi padi di deli serdangâ€. Saintia Matematika. Vol. 2 (1).
Petriani, F. 2012. Hubungan Antara Self Efficacy Dan Motivasi Berprestasi Penari Bali Remaja Di Kabupaten Gianyar. Undergraduate thesis, BINUS.
Ryan, M.A. 2001. The Peer Group as Context for the Development of Young Adolscent Motivation and Achievement. Journal of Child Development, 72, (4).
Santrock, J.W. (2002). Life Span Development jilid 2. Alih Bahasa Achmad Chusairi & Juda Danamik. Jakarta: Erlangga.
Schunk, E.P. (2002). The Depelopment of Academic Self Efficacy. Journal
Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN
Sulistyono & Sulistiyowati, W. 2017. “Peramalan produksi dengan metode regresi linier bergandaâ€. Prozima. Vol. 1 (2).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

TARBAWI: Journal on Islamic Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.