Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Prestasi Matematika Siswa Kelas VIII SMP Al-Anwari

Hilmatul Ulfa, Eko Listiwikono, Barep Yohanes

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi matematika siswa Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel independent berupa hafalan Al-Qur’an dan variabel dependen berupa prestasi matematika siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al-Anwari dengan jumlah sampel sebanyak 48 orang yang ditentukan berdasarkan  tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk memeliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik. Penentuan daerah penelitian dilakukan dengan metode purposive area. Purposive area adalah penentuan daerah berdasarkan tujuan tertentu. Penentuan responden penelitian dilakukan dengan teknik probability sampling menggunakan metode simple random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes kinerja (praktik) dan tes tulis prestasi belajar matematika siswa. Tes kinerja Al-Qur’an yaitu siswa membaca ayat Al-Qur’an yang telah dihafalnya dan tes tulisprestasi matematika  berupa tes uraian untuk mengetahui prestasi matematika siswa. Instrumen tes terlebih dahulu di validasi oleh validator untuk mengetahui kevalidan instrumen tes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya terdapat pengaruh yang signifikan antara menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi matematika siswa dengan diperoleh model regresi Y = 36,789 + 0,332X. 

Keywords


Matematika, Al-Qur’an, dan hafalan

References


Adiwijayanti, D. D., Purwati, H., & Sugiyanti, S. (2019). Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa MTs. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(2), 109. https://doi.org/10.21580/square.2019.1.2.4771

Arifin, Z. (2012). Menganalisis Kualitas Tes. In Evaluasi Pembelajaran.

Chalidaziah, W. (2018). Kondisi Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak X. Aṭfālunā: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), 24–28. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v1i1.771

Fajarin, A., Sutoyo, A., & Sugiharto, D. Y. P. (2017). Model Menghafal pada Penghafal Al-Qur’an Implikasinya pada Layanan Penguasaan Konten dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 13–19.

Fakhriyani, D. V. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Sebagai Salah Satu Jawaban Dalam Mempersiapkan Generasi Muda Untuk Menggapai Bonus Demografi. Wacana Didaktika, 5(01), 76–90. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.5.01.76-90

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 18–30. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766

Kamal, M. (2017). Pengaruh Pelaksanaan Progam Menghafal Al Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa (studi kasus di MA Sunan Giri Wonosari Tegal Semampir Surabaya). Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, 6, 148–162.

Mahmudah. (2016). Analisis Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Ma Al-Amiriyyah Blokagung Banyuwangi. 1, 69–83.

Pasaribu, R. (2018). Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Terhadap Kedisiplinan Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Siswa Sd Muhammadiyah Suronatan Yogyakarta. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 173–187. https://doi.org/10.31316/g.couns.v2i2.66

Romi, Arief, Y., & Siregar, J. (2018). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Antara Siswa Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Program Menghafal Al-Quran. Jurnal Fakultas Psikologi, 12(1), 3.

Saputri, M. A., Darmawan, P., & Prayekti, N. (2019). Analisis Kesulitan Siswa SMP kelas VIII dalam Pemecahan Masalah Teorema Pythagoras. Prosiding : Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), 153–159.

Satrianingsi. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. E-Jurnal Mitra Sains, 4(2), 54–61.

Setiani, A. C., Setyowani, N., Kurniawan, K., Bimbingan, J., & Konseling, D. (2014). Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(1), 37–42.

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Zamzania, A. W. H., & Aristia, R. (2018). Jurnal Wulan Adea. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1–13. http://eprints.umsida.ac.id/4050/1/Evaluasi pembelajaran Adea_Risa-1.pdf


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v5i2.819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.