Problem-Based Learning: Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Emida Fidyareni, Mukti Sintawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui model problem-based learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Design penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart.  Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Salam I Magelang. Objek penelitian adalah hasil belajar matematika siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan di masa pandemi pada bulan Oktober-November 2020. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara online menggunakan bantuan aplikasi Whatsapp. Guru memberikan instruksi dan berdiskusi dengan siswa melalui whatsapp group. Rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar kerja siswa (LKS) dikembangkan dengan tahapan model PBL.  Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika, dan lembar observasi pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika dari siklus I ke siklus II sebanyak 15,79%.  Pada siklus I, hasil belajar siswa yang tuntas mencapai KKM ada sebanyak 68,42%. Pada siklus II meningkat menjadi 84,21%. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD pada materi KPK dan FPB. Masalah yang diberikan dalam  LKS membuat siswa untuk lebih berpikir dan memahami soal daripada menghafal rumus sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan berdampak pada hasil belajar siswa.


Keywords


hasil belajar, matematika, problem-based learning

References


Arsyad, E. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Berbasis PBL. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 5(4), 425. https://doi.org/10.32884/ideas.v5i4.232

Ayuningsih, D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1351

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. In Departemen Pendidikan Nasional.

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa Kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2). https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.694

Hanafi, I., & Sumitro, E. A. (2020). PERKEMBANGAN KOGNITIF MENURUT JEAN PIAGET DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.24929/alpen.v3i2.30

Jaeng, M. (2016). Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Matematika. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 13–25.

Jamil, S. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Ar-Ruzz Media, 2(1), 35–44.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. Retrieved from Boston College, TIMSS & PIRLS International Study Center. International Review of the Red Cross, 3(30), 488. Retrieved from http://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-results/

Mustamilah. (2015). Peningkatan keterampilan proses dan hasil belajar menggunakan model. Scholaria, 5(No.2), 70–79.

OECD. (2019). OECD. (2019). PISA 2018 insights and interpretations. OECD Publishing, 64. https://www.oecd.org/pisa/PISA 2018 Insights and Interpretations FINAL PDF.pdfPISA 2018 insights and interpretations. OECD Publishing, 64. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/PISA 2018 Insights and Interpretations FINAL PDF.pdf

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. In AR-RUZZ MEDIA.

Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Perangkat pembelajaran matematika bercirikan PBL untuk mengembangkan HOTS siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 189. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i2.10631


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v5i2.708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.