Peran Guru Dalam Pembelajaran Daring pada Anak Usia Dini di Ra ‘Aisyiyah Karangan Balong
DOI:
https://doi.org/10.24269/ed.v5i2.784Keywords:
Peran Guru, Pembelajaran Daring, Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk menggambarkan atau mendeskripsikan peran guru dalam kegiatan belajar mengajar secara daring pada anak usia dini di RA ‘Aisyiyah Karangan. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian guru dan orang tua di RA Aisyiyah Karangan Balong yang berjumlah 2 guru dan 2 orang tua. Penelitian ini menggunakan metode penelitian berupa kualitatif deskriptif. Menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara teknik observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran guru di RA Aisyiyah Karangan Balong terlaksana dengan baik. Guru menjalankan perannya sebagai pemimpin, fasilitator, moderator, evaluator, dan motivator belajar.
References
Botung, Hasibuan. (2009). Peran Dan Tanggungjawab Guru. (Online), http://hshasibuanbotung.blogspot.com/2009/06/peran-dan-tanggungjawab-guru.html, Diakses 21 Januari 2021.
Hasanah, Nove. (2016). Peran Guru Sebagai Pemimpin (Teacher's Leadership). (Online), http://novehasanah.blogspot.com/2016/02/peran-guru-sebagai-pemimpin-leadership.html, Diakses 21 Januari 2021.
Noviana, Nur Anisa. (2015). Peran Guru Dalam Kegiatan Belajar- Mengajar. (Online), https://ilmu-pendidikan.net/profesi-kependidikan/guru/peran-guru-dalam-kegiatan-belajar-mengajar. Diakses 21 Januari 2021.
Syaharuddin, S. (2020). Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Edupedia Journal has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Journal. Edupedia.


