Peran Guru Dalam Pembelajaran Daring pada Anak Usia Dini di Ra ‘Aisyiyah Karangan Balong

Authors

  • Listiani Puspitasari Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Dian Kristiana Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Betty Yulia Wulansari Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.24269/ed.v5i2.784

Keywords:

Peran Guru, Pembelajaran Daring, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk menggambarkan atau mendeskripsikan peran guru dalam kegiatan belajar mengajar secara daring pada anak usia dini di RA ‘Aisyiyah Karangan. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian guru dan orang tua di RA Aisyiyah Karangan Balong yang berjumlah 2 guru dan 2 orang tua. Penelitian ini menggunakan metode penelitian berupa kualitatif deskriptif. Menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara teknik observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran guru di RA Aisyiyah Karangan Balong terlaksana dengan baik. Guru menjalankan perannya sebagai pemimpin, fasilitator, moderator, evaluator, dan motivator belajar.

References

Botung, Hasibuan. (2009). Peran Dan Tanggungjawab Guru. (Online), http://hshasibuanbotung.blogspot.com/2009/06/peran-dan-tanggungjawab-guru.html, Diakses 21 Januari 2021.

Hasanah, Nove. (2016). Peran Guru Sebagai Pemimpin (Teacher's Leadership). (Online), http://novehasanah.blogspot.com/2016/02/peran-guru-sebagai-pemimpin-leadership.html, Diakses 21 Januari 2021.

Noviana, Nur Anisa. (2015). Peran Guru Dalam Kegiatan Belajar- Mengajar. (Online), https://ilmu-pendidikan.net/profesi-kependidikan/guru/peran-guru-dalam-kegiatan-belajar-mengajar. Diakses 21 Januari 2021.

Syaharuddin, S. (2020). Menimbang Peran Teknologi dan Guru dalam Pembelajaran di Era COVID-19.

Downloads

Published

2022-01-31

How to Cite

Puspitasari, L., Kristiana, D., & Wulansari, B. Y. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran Daring pada Anak Usia Dini di Ra ‘Aisyiyah Karangan Balong. EDUPEDIA, 5(2), 183–188. https://doi.org/10.24269/ed.v5i2.784

Issue

Section

Articles