Pengembangan Media Manipulatif “Koordinat Riemann†Pada Materi Integral Tentu Untuk Kelas XII
DOI:
https://doi.org/10.24269/ed.v5i2.867Keywords:
Media Manipulatif, Integral TentuAbstract
Media pembelajaran manipulatif adalah perangkat pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar dengan tujuan untuk membantu siswa mengeksplorasi ide secara aktif oleh siswa serta membantu memperjelas konsep atau pengertian contoh benda. Integral tentu merupakan materi dalam matematika wajib kelas XII dalam kurikulum 2013 (K13). Materi ini merupakan salah satu materi yang seringkali dianggap menyulitkan oleh sebagian siswa. Oleh karena itu, penggunaan media dalam membelajarakan materi integral tentu diharapkan bisa membantu dan mempermudah siswa dalam memahami materi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan media manipulatif “Koordinat Riemann†pada materi integral tentu untuk kelas XII SMA / SMK yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan dalam pengembangan media manipulatif pada materi integral tentu kelas XII ini adalah model pengembangan 4D yang telah dimodifiksi dengan menghilangkan tahap keempat. Model pengembangan 4D meliputi, yaitu (1) tahap define, (2) tahap design,  dan (3) tahap development.  Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh hasil, yaitu (1) persentase kevalidan 80,85% dengan kriteria kevalidan valid, dan (2) persentase kepraktisan 78,45% dengan kriteria kepraktisan praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja siswa yang telah dikembangkan adalah media yang valid dan praktis serta layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran pada materi Integral tentu baik di dalam kelas.
References
overnment of Alberta Human Services. 2007. A guide for midlife career moves. Alberta, Province of Canada.
Hobri. 2010. Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: Pena Salsabila.
Hunt, Annita dkk. 2011. Virtual vs. Concrete Manipulative in Mathematics Teacher Education: Is One Type More Effective than the Other. Current Issues in Middle Level Education (CIMLE).
Marshall, Linda dan Paul, Swan. 2008. Exploring the Use of Mathematics Manipulative Material: Is It What We Think It is?. EDUCOM International Conference. Edith Cowan University: Perth, Australia.
Richardson, Virginia. 2003. Constructivist Paedagogy. Teacher Colledge Record Vol. 105, Columbia University.
Sadiman, Arif. dkk. 2007. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sjøberg, Svein. 2007. Constructivism and Learning. International Encyclopaedia of Education 3rd Edition, Oxford: Elsevier.
West, Lynn. 2011. Using Physical and Virtual Manipulative with Eight Grade Geometry Studenys. Action Research Project Report, University of Nebraska Lincoln.
Westenskow, Aria. Tanpa tahun. Comparing the Use of Virtual Manipulatives in Equivalent Fraction Intervention Instruction. Doctoral Mathematics Education: Utah State University.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish their manuscripts in this journal agree to the following terms:
- The copyright on each article belongs to the author.
- The author acknowledges that Edupedia Journal has the right to be the first to publish under a Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International CC BY 4.0) license.
- Authors may submit articles separately, arranging for the non-exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal to other versions (e.g., sent to the author's institutional repository, publication into books, etc.), acknowledging that the manuscript was first published in the Journal. Edupedia.


