PENERAPAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DARI BUKU AJAR PILAR KARAKTER DI RAUDHATUL ATHFAL ‘AISYIYAH NGLAYANG

Nurul Istiana, Ida Yeni Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Penerapan Nilai Pendidikan Karakter dari Buku Ajar Pilar Karakter di Raudhatul Athfal ‘Aisyiyah Nglayang. Subjek Penelitian ini adalah 14 anak usia dini pada kelas A. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif model Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai pendidikan karakter dari buku ajar pilar karakter di RA ‘Aisyiyah Nglayang yaitu: Jadwal pilar karakter dilaksanakan rutin setiap hari sesuai RPPH, penerapan nilai karakter secara daring berupa laporan foto kegiatan tentang pendidikan karakter di rumah. Melalui kegiatan pembelajaran buku pilar karakter peserta didik dapat membedakan nilai-nilai pendidikan karakter baik dan tidak baik melalui gambar buku ajar pilar karakter, sehingga peserta didik di RA ‘Aisyiyah Nglayang menjadi lebih mandiri, disiplin dan tanggung jawab. Salah satu upaya guru untuk mengatasi anak yang belum fokus dalam pembelajaran pilar karakter yaitu dengan menerapkan karakter pendengar yang baik, sehingga anak akan kembali fokus  mendengarkan guru dengan yel-yel pendengar yang baik. Tujuan pembelajaran dari buku ajar pilar karakter untuk menciptakan dan mengembangkan budi pekerti yang baik dan dapat menjadi contoh untuk siswa.


Keywords


Nilai Pendidikan Karakter, Buku Ajar, Pilar Karakter

References


Aeni, A. N. (2014). Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 50-58.

Ariyanti, F., Rustopo, R., & Putri, A. D. S. (2019). Analisis Nilai Karakter dalam Pembelajaran Tematik Tema Cita-Citaku. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 43-50.

Budiyanto, M., & Machali, I. (2014). Pembentukan Karakter Mandiri Melalui Pendidikan Agriculture Di Pondok Pesantren Islamic Studies Center Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, (2).

Fadlillah, M., Kristiana, D., & Fadhli, M. (2020). Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan pada Anak Usia Dini di Bustanul Athfal Aisyiyah Ponorogo. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 384-394.

Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2017). Kesesuaian Konteks dan Ilustrasi pada Buku Bergambar untuk Mendidik Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2).

Hamidah, S., & Palupi, S. (2012). Peningkatan Soft Skills Tanggung Jawab dan Disiplin Terintegrasi Melalui Pembelajaran Praktik Patiseri. Jurnal Pendidikan Karakter, (2).

Islam, S. (2017). Karakteristik pendidikan karakter; menjawab tantangan multidimensional melalui implementasi Kurikulum 2013. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 89-100.

Isnaini, M. (2013). Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter di madrasah. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 445-450.

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(2), 157-182.

Kapitan, Y. J., Harsiati, T., & Basuki, I. A. (2018). pengembangan bahan ajar menulis teks cerita fantasi bermuatan nilai pendidikan karakter di kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(1), 100-106.

Kristiana, D. (2017). Peningkatan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Kesenian Reyog Ponorogo. JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal), 2(1).

Kesuma, D., Triatna, C. & Permana, J. 2013. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Lathifah, I., & Azizah, W. N. (2020). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Sebagai Upaya Perubahan Pendidikan Di Kelompok Bermain Mutiara Bunda Kabupaten Cilacap. Al-Munqidz: Jurnal Kajian Keislaman, 8(2), 241-251.

Marliyanti, M., Rahardjo, B., & Rozie, F. (2020). Penerapan Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui 9 Pilar Karakter Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Hidayah Samarinda. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 7(2), 44-57.

Marvin W. Berkowitz, “The Education of Complete Moral Person” downloaded from http://tigger.uic.edu/Moral/Ed/aricles/berkowitzed.html on January 2011.

Megawangi, R. 2016. Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Cimanggis Depok: Indonesia Heritage Foundation.

Megawangi, R. 2017. Menyemai Benih Karakter . Cimanggis Depok: Indonesia Heritage Foundation.

Megawangi, Ratna dan Dewi Utama Faizah. “Komentar dan Saran Tentang Kerangka Acuan Kerja” Seleksi Umum Pengadaan Jasa Konsultasi Penyusunan Kurikulum Program Normatif Untuk Pendidikan Dasar dan Menengah”. Disampaikan kepada Tim Broad Based Education Depdiknas, 2002.

Moeslichatoen, Dra., R., M.Pd. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, J. Lexy. 2018. Metodologi Penelitian Kaulitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurdyansyah, N., & Lestari, R. P. (2018). Pembiasaan Karakter Islam Dalam Pengembangan Buku Ajar Bahasa Jawa Piwulang 5 Pengalamanku Kelas I MI Nurur Rohmah Jasem Sidoarjo. MIDA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 35-49.

Nurulloh, E. S. (2019). Pendidikan Islam Dan Pengembangan Kesadaran Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(2), 237-258.

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3).

Prastowo, A. (2014). Pengembangan bahan ajar tematik tinjauan teoritis dan praktik. Yogyakarta: Kencana.

Pasani, C. F., & Pramita, M. (2014). Meningkatkan karakter mandiri dan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) di kelas VIII-C SMPN 13 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 17-32.

Rahmawati, I. Y. (2016, May). Nilai Pendidikan Karakter Pada Tokoh Kesenian Reog Ponorogo Sebagai Wujud Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (Bipa). In Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper ke-2 “Pengintegrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN” (Vol. 2). Prodi pancasila dan kewarganegaraan fakultas ilmu pendidikan universitas muhammadiyah ponorogo.

Rahmawati, I. Y. (2018, October). Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (Bipa)“Sahabatku Indonesia” Serta Nilai Pendidikan Karakter Pada Level Ai Di Universitas Muhammadiyah Ponorogo. In Seminar Nasional Pendidikan Dan Kewarganegaraan Iv (pp. 178-184).

Rihlah, J., Kamilah, U., & Shari, D. (2020). Gambaran Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi covid-19. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(01), 51-61.

Setyowahyudi, R., & Ferdiyanti, T. (2020). Keterampilan guru PAUD Kabupaten Ponorogo dalam memberikan penguatan selama masa pandemi COVID-19. Jurnal Golden Age, 4(01), 99-111.

Sugiyono, D. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwija, I. N. (2012). Nilai–Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Bali. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).

Yanti, N., Adawiah, R., & Matnuh, H. (2016). Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dalam rangka pengembangan nilai-nilai karakter siswa untuk menjadi warga negara yang baik di sma korpri banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(11).

Zukhaira, Z., & Hasyim, M. Y. A. (2013). Desain Pengembangan Buku Ajar Bahasa Arab Berbasis Pendidikan Karakter Dan Budaya Kelas A Dan B TK Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan, 30(1).


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v6i1.1235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.