PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII F SMP NEGERI 1 BABADAN

Aulia Diana Sari, Uki Suhendar

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pelajaran matematika peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 1 Babadan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran probing prompting yang dapat meningkatkan motivasi belajar matematika peserta didik, (2) mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar matematika peserta didik melalui model pembelajaran probing prompting. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar matematika peserta didik adalah menerapkan model pembelajaran probing prompting. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 1 Babadan yang berjumlah 24 peserta didik. Pengambilan data yang dilakukan melalui lembar observasi motivasi peserta didik, angket motivasi belajar peserta didik dan lembar keterlaksanaan pembelajaran oleh guru. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa motivasi belajar peserta didik meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran probing prompting dengan upaya perbaikannya yaitu : 1) Penyampaian materi yang lebih menarik, 2) Guru menekankan kepada peserta didik akan pentingnya berperan aktif dan percaya diri, 3) Memberikan soal-soal secara individu. Hal ini didukung dengan hasil analisis lembar observasi peserta didik yang telah memenuhi minimal kriteria cukup termotivasi. Begitu pula lembar keterlaksanaan kegiatan guru yang memenuhi kriteria sangat baik. Setelah diterapkan langkah tersebut terbukti bahwa tiap indikator motivasi belajar peserta didik mencapai minimal motivasi tinggi

References


Andriani, Fitri. 2009. Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif dengan Metode Bermain Jawaban Pada Siwa SMP Negeri 8 Duri Kabupaten Bengkalis. Skripsi tidak diterbitkan, Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Arikunto, Suharjono, dan Supardi. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Astiwi, Dyah A Y. 2018. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Mts Muhammadiyah 10 Ponorogo Dengan Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing. Skripsi tidak diterbitkan, Ponorogo: FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Butar-Butar, Rita Syaputri. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Swasta Muhammadiyah 49 Medan. Skripsi tidak diterbitkan, Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Dalyono, M. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta

Diasputri , Nurhayati dan Sugiyo . 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Berbantuan Lembar Kerja Terstruktur Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 7 (1): 1003-1010.

Djuarsa, Chrismastianto, dan Hidayat. 2017. Hubungan Motivasi Belajar Siswa dengan Persepsi Siswa dalam Berprestasi. A Journal of Languange, Literature, Culture, and Education. 13 (1): 21-33.

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Fitriana, Eka. 2016. Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa IV SDN di Gugus Dr. Soetomo Kecamatan Blado Batang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Program Sarjana Universitas Negeri Semarang.

Fatmawati, Agustina. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X. Journal Sains Education, 4 (2): 93-103.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia

Mahmudi, Ibnu. 2009. Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Bimbingan Dan Konseling Islami. Jurnal Pendidikan Islam,1 (1): 1-18.

Muthmainnah, Sitti Dkk. 2012. Penerapan Teknik Pembelajaran Probing Prompting untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Banawa Tengah. Universitas Tadulako. Jurnal pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 2(1). 38-43.

Purwanto, Heru. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Pada Materi Bangun Datar Segiempat Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Skripsi tidak diterbitkan:Purworejo. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Rahma, Tri Handayani. 2014. Peningkatan Motivasi Belajar PKN Melalui Strategi Pembelajaran Index Card Match Bagi Siswa Kelas IV Di MI Yakti Purwosari Kec. Tegalrejo Kab. Magelang. Skripsi tidak diterbitkan, Yogyakarta:Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 1-119

Royani, Ani. 2015. Penerapan Metode Probing Prompting Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Bidang Studi IPS Kelas VII SMP Negeri 3 Palimanan Cirebon. Skripsi tidak diterbitkan, Cirebon: Program Sarjana Institut IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Sartika, Nenden Suciyati dan Yulita, Susti Rahma. 2018. Penerapan Model pembelajaran Probing Prompting Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika. UNIVERSITAS Mathlaul Anwar Banten.Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2). 149-159

Soemanto. Wasty. 2003. Psokoligi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA UPI

Sunnah, Buwono S, dan Uliyanti E. 2012. Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Menggunakan Metode Diskusi. 1-19

Susanti, Sukasno dan Refianti. 2016. Penerapan Model Probing-Prompting Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Muara Kelinci Tahun Pelajaran 2016/2017. STKIP –PGRI Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan, 1 (1). 1-19.

Swarjawa, Suarjana, dan Garminah. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa kelas V Di SD Negeri 1 Sebatu. Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan, 1 (1). 1-11

Syamsuriyawati, dan Setyawan D. 2019. Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran probing Prompting pada Siswa Kelas VII A SMP Hang Tuah Makassar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2 (1). 10-17

Widyastuti, D.A., Ganing, N.N., Hum, M., dan Ardana, I. K. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Antosari Kecamatan Selemadeg Barat Kabupaten Tabanan.e-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 2(1). 1-9


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v3i2.305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.