Implementasi Kreasi Cap Jari Untuk Menstimulasi Kemampuan Motorik Halus Anal Usia Dini di Paly Group Aisyiyah Sang Surya kanten Babadan Ponorogo

Ika Indra Lestari, Muhibuddin Fadhli, Rendy Setyowahyudi

Abstract


Penelitian.ini.bertujuan untuk mengetahui implementasi kreasi cap jari untuk menstimulasi motorik halus anak usia dini di Play Group’Aisyiyah Sang Surya.Babadan Ponorogo. Subjek.penelitian ini adalah siswa di Play Group Aisyiyah Sang Surya yang berjumlah 8 siswa. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreasi cap jari dalam menstimulasi motorik halus anak usia dini di Play Group Aisyiyah Sang Surya Kanten Babadan Ponorogo sudah terlaksana dan sesuai tema yang ada di RPPH. Implementasi kreasi cap jari untuk menstimulasi kemampuan motorik halus anak usia dini dikemas dengan bermain sambil belajar, karena dengan.bermain anak akan senang serta tidak.merasa terbebani untuk belajar.dan dengan bermain.anak akan lebih mudah.menerima materi pembelajaran.


Keywords


kreasi cap jari, kemampuan motorik halus, anak usia dini

References


Agustin, M., Puspita, R. D., Nuriten, D., & Nafiqoh, H. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid-19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 334-345.

Difatiguna, S. (2015). Pengaruh Aktivitas Bermain Menggunakan Playdough Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Dharma Wanita Kecamatan Pesisir Barat Tahun Pelajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN).

Fadhli, M. (2015). Implementasi Pembelajaran Beyond Center and Circle Time (BCCT) Di TK Aisyiah Dagangan Madiun. Implemantasi Pembelajaran Beyond Center And Circle Time (BCCT) Di TK Aisyiyah Dagangan Madiun, 550-553.

Fadlillah, M. 2018. Konsep Dasar PAUD. Ponorogo. Unmuh Ponorogo Press.

Moelong. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Muarifah, A., & Nurkhasanah, N. (2019). Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), 14.

Peraturan Bupati tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Bidang Pendidikan di Masa Pandemi COVID-19

Peraturan Bupati tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Bidang Pendidikan di Masa Pandemi COVID-19

Permendikbud Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014 Tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak

Permendikbud Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014 Tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak

Santrock, John W. 2007 jilid 1. Perkembangan Anak. Jakarta. Erlangga

Sari, E. K. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Dari Bahan Bekas Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 1(2).

Setyowahyudi, R., & Ferdiyanti, T. (2020). Keterampilan Guru PAUD Kabupaten Ponorogo Dalam Memberikan Penguatan Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Golden Age, 4(01), 99-111.

Sofyan, A. 2016. Kreasi Cap Jari. Jakarta. Erlangga

Tabi’in, A. (2020). Problematika Stay At Home Pada Anak Usia Dini Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Golden Age 4.1 (2020):190-200.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v5i1.701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.