PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROYEK PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU

Dara Dinasti, Sukmawarti Sukmawarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis proyek pada tema indahnya keragaman di negeriku, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran yaitu lembar kerja peserta didik berbasis proyek pada tema indahnya keragaman di negeriku yang valid dari hasil validasi kelayakan oleh ahli materi, ahli media dan angket respon guru dan peserta didik. Penelitian dilakukan di UPT SD NEGERI 105292 Bandar Klippah dengan menggunakan objek 30 siswa/i kelas IV SD untuk menguji cobakan LKPD berbasis proyek pada tema indahnya keragaman di negeriku. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dan tes LKPD berbabasis proyek. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis metode campuran yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Proyek dilakukan dengan melakukan prosedur pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,and Evaluation). Berdasarkan hasil penilaian yang di validasi oleh ahli materi dan media bahwa LKPD berbasis proyek yang dikembangkan sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi untuk siswa kelas IV SD. Dari hasil angket kepraktisan guru dan peserta didik dikatakan cukup praktis, atau dapat digunakan namun perlu revisi kecil. Dan dari hasil uji coba keefektifan peserta didik banyaknya peserta didik mencapai ketuntasan minimal (KKM) 27 orang dengan 3 siswa yang tidak mencapai ketuntasan minimal (KKM) dengan jumlah 30 orang siswa. Berdasarkan hasil hitungan dari uji-coba keefektifan peserta didik dilihat dari analisis data maka mendaptkan hasil 90 dan dilihat dari tabel kriteria keefektifan setara 81% - 100% dikatakan sangat efektif atau dapat digunakan tanpa revisi.

 

 Kata Kunci : Project Based Learning, LKPD Berbasis Proyek, Pembelajaran Tematik 

References


Astri, D., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Saintifik Pada Tema Panas dan Perpindahannya Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1150 - 1156.

Hidayat, Sukmawarti, & Suwanto. (2021). The Application Of Augmented Reality In Elementary School Education. Research, Societyand Development, 1 - 6.

Rangkuti, C. J., & Sukmawarti. (2022). Problematika Pemberian Tugas Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 565 - 572.

Sari, L., Taufina, & Farida, F. (2020). Pengembangan LKPD Dengan Menggunakan Model PJBL Di Sekolah Dasar. Jurnal BasicEdu, 813 - 820.

Sriwanti, P. U., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Modul Geometri SD Berbasis Etnomatematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 31 - 38.

Sukmawarti. (2013). Lembar Kerja Matematika Siswa Berbasis Geogebra. Medan: Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah.

Surya, P. A., Stefanus, R., Asri, & Tyas, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas II SDN Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Personal Dasar, 41 - 54.

Syafitri, J., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Komik Berbasis Karakter Pada Pembelajaran Pecahan Di Kelas V SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1011 - 1022.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v6i1.1353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.