PELAKSANAAN PENGELOLAAN KELAS DALAM RANGKA PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE DI SMP PGRI PANGKALAN

Sifa Faujiah, Undang Ruslan Wahyudin

Abstract


Pelaksanaan pengelolaan kelas menjadi semakin penting bagi para guru di dunia pendidikan, terutama di masa pandemic ini para guru harus mempersiapkan pelaksanaan pengelolaan kelas secara online. Walau demikian pelaksanaan pengelolaan kelas tersebut tidak akan begitu kondusif seperti secara langsung, namun upaya tersebut untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa sangat penting selama masa pandemic ini belum selesai. Pembelajaran secara online di SMP PGRI Pangkalan ini memiliki tujuan untuk menciptakan dan memelihara lingkungan belajar yang positif. Penelitian ini akan melihat fungsi guru dalam pelaksanaan pengelolaan kelas untuk meningkatkan mutu pembelajaran online di SMP PGRI Pangkalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data merupakan strategi analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil pada penelitian ini adalah 1) pelaksanaan pengelolaan kelas yang efektif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran online. sesuai dengan temuan penelitian ini. 2) pelaksanaan pengelolaan kelas menitikberatkan pada perencanaan, penggerakan, dan pengendalian untuk meningkatkan mutu pembelajaran siswa secara online. 3) guru menggunakan media online seperti Google meeting, zoom, dan classroom dalam pelaksanaan pengelolaan kelas sebagai standar evaluasi pembelajaran untuk melacak proses, kemajuan, dan perkembangan hasil belajar siswa.


Keywords


Pelaksanaan pengelolaan kelas, peningkatan efektivitas, pembelajaran online

References


Marjuni, Hamzah Harun. (2019) Penggunaan Multi Media Online dalam pemebelajaran, Jurnal IDAARAH. 3(2) :77-81

Jojo, Warjo, Dkk. (2018) implikasi gaya berpikir dan interaksi sosial siswa pada pembelajaran model kooperatif berbasis media informasi dan komunikasi terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Edubiologica 6(1): 112-122

Suharsimi, Arikuno. (2006). Proses Peneliian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Amtu, O. (2011) Manajemen Pendidikan Di Era Otonomi Daerah: Konsep, Strategi, Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta

Djamarah, Syaiful Bahri & Zain. (2010) Arikuno. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Rohani, Ahmad. (2004) Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ujang, A.Yusuf. (2013) kebutuhan ilmu Manajemen Pendidikan Islami dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi 4.0, Islamic management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.

Didin, H. Hendri, T. (2006) Shariah Principles on Management in Pratice. Jakarta : Gema Insani Press.

Alifan, Erwinsyah. (2017) Manajemen kelas dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Mengajar. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5(2)

Surat Edaran Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19, https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat.edaran.mendikbud.no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-covid-19. Diunduh pada 28 Agustus 2022.

Nurul, Hikmah. Manajemen Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada MAN 2 Model Banjarmasin dan SMAN 1 Banjarmasin, Institusional Digital Repository,http://repository.unpas.ac.id/48115/64 Diunduh pada 24 Agustus 2022


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v6i2.1448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.