ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Tarno Tarno, Muhammad Yusnan, Muhamad Nur Intan Ode

Abstract


Bimbingan kelompok teknik sosiodrama diperlukan di sekolah karena kesadaran akan perlunya sistem layanan pengajaran dan pendidikan yang fokus pada motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui analisis motivasi belajar siswa terhadap efektivitas bimbingan kelompok sosiodrama pada siswa Sekolah Dasar (SD). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif memerlukan pengumpulan dan analisis data dalam bentuk numerik. Adapun subjek penelitian ini ditentukan pada siswa kelas V sebanyak 21 di SD Negeri 2 Wameo Kota Baubau. Pemeriksaan regresi linear sederhana dan persamaan regresi dianalisis berdasarkan hasil dari interval motivasi belajar dan efektivitas bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Hasil penelitian menunjukan bahwa teknik analisi uji komparatif dengan rumus uji t independen dengan menggunakan bantuan program statistical product and service solution (SPSS) 20.0 for windows menunjukan bahwa f hitung sebesar 0,223 < t hitung sebesar 0,5 maka di simpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik sosiodrama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Nilai constanta sebesar 17.243 menunjukkan bahwa variabel tingkat efektivitas bimbingan kelompok teknik sosiodrama (X) memiliki nilai konsisten sebesar 17.243 serta koefisien regresi X menunjukkan bahwa peningkatan efektivitas bimbingan kelompok teknik sosiodrama (X) sebesar 5,773 akan mengakibatkan  motivasi belajar siswa. sehingga motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan melalui efektivitas bimbingan kelompok teknik sosiodrama di kelas V SD Negeri 2 Wameo

Keywords


Motivasi Belajar, Bimbingan, Kelompok, Teknik, Sosiodrama

References


Agus, P., Giri, S. P., & Juang, K. (2021). Sosiodrama Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Tkj Smk Negeri 1 Sukawati Tahun. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 1–5.

Alfiah, N., Maskhur, M., Subhi, M. R., & Muslih, M. (2022). Group Guidance Using Rational Emotive Behavior Therapy Approach To Reduce Verbal Bullying. Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling, 3(1), 50–61.

Anis Tri Yuliana, Jamilah, C. A. (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Tekhnik Problem Solving Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Pakong Pamekasan Anis. SHINE : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 77–91.

Dwi Prastiwi, A., Budiono, A. N., & Karamoy, Y. K. (2021). Bullying dan Kondisi Psikososial Siswa Kelas XI IPA Sma Negeri 3 Jember. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 4(1), 20–29.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 165.

Halik, A., & Rakasiwi, N. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 7(1), 32.

Hatami, F., Tahmasbi, F., & Hatami Shahmir, E. (2020). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Etika Berkomunikasi Siswa Kelas VIII SMP PGRI 01 Semarang. Neuropsychology, 3(8), 85–102.

Irawati, T., Ratnaningsih, T., & Zakiyah, A. (2022). Hubungan supervisi dan motivasi terhadap tindakan dalam pencegahan infeksi melalui penggunaan apd dan hand hygiene. Jurnal EduNusing, 6(1), 1-.

Lianasari, D., Japar, M., & Purwati, P. (2018). Efektifitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Perilaku Asertif Siswa. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 3(1), 6.

Minat, M., Mahasiswa, M., Kelompok, B., & Tugas, T. (2021). Meningkatkan Minat Membaca Mahasiswa Melalui Bimbingan Kelompok Topik Tugas. Jurnal Kopasta URK Batam, 8(2), 54–65.

Mulyanto, I. W., & Dinas. (2019). Efektifitas Teknik Sosiodrama Dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatkan Percaya Diri Siswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 2(1), 1–19.

Mutmainah. (2020). Motivasi Belajar Siswa Slow Learner (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Negeri 4 Buana Sakti Lampung). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 3(1), 55–61.

Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Jurnal Quanta, 4(1), 44–51.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi belajar dalam Meningkatkan hasil Belajar. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, 2(November), 289–302.

Rufaedah, E. A. (2022). The Effectiveness Of Group Guidance Services In Efforts To Grow The Prosocial Attitude Of Students At Madrasah Aliyah Negeri. Al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 5(1), 400–413.

Saputri, D. N. (2018). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa. Jurnal BK Unesa, 3(78), 364–372.

Sari, E. P., Wardah, A., Prasetia, M. E., Sari, E. P., Wardah, A., & Prasetia, M. E. (2019). Keefektifan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Empati Siswa. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 5(2), 10–13.

Susilowati, P. S. (2022). Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanjung. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 250–257.

Ulfa, M. (2021). Efektivitas Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Siswa Dalam Belajar. Jurnal Edukasi Cendekia, 5(2), 1–10.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v6i2.1508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.