IMPLEMENTASI PERMAINAN ENGMETRI (ENGKLENG GEOMETRI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL GEOMETRI ANAK USIA 4-5 TAHUN DI BA ‘AISYIYAH KAPONAN II KAPONAN MLARAK PONOROGO

Siti Kurofat, Dian Kristiana, Muhammad Azam Muttaqin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah bagaimana permainan engmetri (engkleng geometri) untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri di BA ‘Aisyiyah Kaponan II Mlarak Ponorogo. Bentuk geometri yang dikenalkan adalah segi empat, segitiga, dan lingkaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dilakukan bekerja sama dengan guru kelas. Subjek penelitian sebanyak 11 anak, yang terdiri 6 laki-laki dan 5 perempuan. Objek penelitian adalah  permainan engmetri (engkleng geometri) untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes lisan. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi check list , dokumentasi, dan panduan tes lisan. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan secara bertahap pada kemampuan mengenal bentuk geometri dengan bermain engmetri (engkleng geometri). Peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri terlihat dari indikator kemampuan anak Menyebut dan menunjukkan bentuk-bentuk geometri, Mengelompokkan bentuk-bentuk geometri (lingkaran, segitiga dan persegi), Menyebut dan menunjuk benda-benda yang berbentuk geometri, Mendiskripsikan bentuk geometri. Peningkatan kemampuan anak dalam mengenal bentuk geometri melalui permainan engmetri (engkleng geometri) tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase dari tahap Pra Tindakan  dan setelah dilakukan tindakan kelas. Hasil observasi pada tahap Pra Tindakan anak berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik hanya 1 orang anak atau 9,1%, setelah dilakukannya tindakan siklus I meningkat menjadi 6 orang anak atau 54,5% dan pada siklus II meningkat lebih baik lagi menjadi 10 orang anak atau 90,9 %.


Keywords


Engmetri (engkleng geometri), Implementasi, Kemampuan, Geometri.

References


Daryanto, I., Darwin, M., Siregar, I. ., & Januariyansah, S. (2022). Model Manajemen Pelatihan Pendidikan Vokasi. UMSU Press.

DEWI, I. G. A. A. O. (2022). Understanding Data Collection Methods in Qualitative Research: The Perspective Of Interpretive Accounting Research. Journal of Tourism Economics and Policy, 1(1), 23–34. https://doi.org/10.38142/jtep.v1i1.105

Fonna, N. (2019). Pengembangan revolusi industri 4.0 dalam berbagai bidang. Guepedia.

Gegel, K. I. (2019). Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya bagi Kehidupan Keluarga. Seri Filsafat Teologi Widya Sasana, 101.

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan (Aplikasi Pada penelitian Pendidikan Matematika). Pena Salsabila.

Intan, R. (2022). Implementasi kebijakan revitalisasi pendidikan tinggi vokasi program diploma iii. Pengabdian Vokasi Universitas Diponegoro.

Mustafa, F., Devira, M., Apriadi, H., & Hajan, B. H. (2022). Experiencing problems in data collection by undergraduate EFL students as novice researchers. Journal on English as a Foreign Language, 12(2), 383–404. https://doi.org/10.23971/jefl.v12i2.4111

Mwita, K. (2022). Factors to consider when choosing data collection methods. International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 11(5), 532–538. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v11i5.1842

Owan, V. J. (2019). Chapter Seventy – Five Data Management Practices in Educational Research. November, 1251–1265.

Pohan, J. E. (2019). The Development of Inquiry Learning Model on Indonesian Language Lessons. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(4). https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i4.1464

Saputra, H. (2013). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/GD8EA

Tan, O. S. (2021). Problem-based learning innovation: Using problems to power learning in the 21st century. Gale Cengage Learning.

Unson, J. C. (2021). Vocabulary and Identification of Information: Difficulties and Challenges in Word Problems Solving. International Journal of Scientific Research and Management, 9(08), 338–357. https://doi.org/10.18535/ijsrm/v9i08.02


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v7i2.2173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.