PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DENGAN LIPATAN BERTAHAP MENGGUNAKAN MEDIA ORIGAMI DI RA PSM KROWE TAHUN AJARAN 2022/2023
Abstract
Keywords
References
Anisa, A. N., U. Syafrudin, R. Drupadi. Playing Origami and Its Impact on Fine Motor Skills Development of Children Aged 4-5. Journal of Early Chilhood Education 3(1), 22-30.
Anitah, S. 2012. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.
Hirai, Maya. Origami Untuk Anak PAUD, TK, & SD. Jakarta: Kawan Pustaka, 2014.
Indraswari, L. (2013). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agama. Pesona PAUD, 1(1), 1–13.
Murwani, Y. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Halus Anak Kelompok A Melalui Kegiatan Melipat dengan Media Kertas. Jurnal Educatio 7(2), 459-464
Musafir, R. Hadi dan M. Muhajirin. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Seni Melipat Origami
Pada Anak Kelompok B Raudatul Jannah. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 2232-2238
Setiawan, F. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Kertas Origami. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD) 1(2), 78-85
Sumantri, M. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Perguruan Tinggi.
Suryana, Dadan. 2018. Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak . Jakarta: Prenadamedia Group Sutama. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R dan D. Surakarta: Fairus Media
Susilawati, E., Ardiansyah, N., Arifin, S., Lesmi, K., Ariati, C., Fajar, A., ... & Wahyudi, W. (2023). Media dan Teknologi Pendidikan. Bandung: CV Widina Media Utama
Suyanto, S, 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Wina Sanjaya. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
DOI: 10.24269/ed.v7i2.2401
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.