PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DENGAN LIPATAN BERTAHAP MENGGUNAKAN MEDIA ORIGAMI DI RA PSM KROWE TAHUN AJARAN 2022/2023

Desi Dwi Ramadhani, Betty Yulia Wulansari, Ida Yeni Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatkan  kemampuan motorik halus pada anak usia dini dengan lipatan bertahap menggunakan media origami di RA PSM Krowe. Serta untuk mengetahui perubahan apa yang telah terjadi setelah penelitian  itu terjadi. RA PSM Krowe ini ditargetkan sebagai objek penelitian dan origami sebagai media untuk meningkatkan kemampuan motorik halusnya. Metode penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), ada beberapa tahapan yang dilalui; 1) Tahap perencanaan, 2) Tahap pelaksanaan, 3) Tahap pengamatan, 4) Tahap Refeksi. Penelitian menggunakan media origami ini membuahkan hasil yang cukup sesuai dengan apa yang diharapkan peneliti, tentunya dengan proses yang tidak instan. Dengan lipatan bertahap menggunakan origami membantu proses pengembangan motorik halus pada anak

Keywords


anak usia dini, lipatan bertahap, origami, dan kemampuan motorik halus

References


Anisa, A. N., U. Syafrudin, R. Drupadi. Playing Origami and Its Impact on Fine Motor Skills Development of Children Aged 4-5. Journal of Early Chilhood Education 3(1), 22-30.

Anitah, S. 2012. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.

Hirai, Maya. Origami Untuk Anak PAUD, TK, & SD. Jakarta: Kawan Pustaka, 2014.

Indraswari, L. (2013). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalaui Kegiatan Mozaik Di Taman Kanak-Kanak Pembina Agama. Pesona PAUD, 1(1), 1–13.

Murwani, Y. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Halus Anak Kelompok A Melalui Kegiatan Melipat dengan Media Kertas. Jurnal Educatio 7(2), 459-464

Musafir, R. Hadi dan M. Muhajirin. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Seni Melipat Origami

Pada Anak Kelompok B Raudatul Jannah. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 2232-2238

Setiawan, F. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Kertas Origami. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD) 1(2), 78-85

Sumantri, M. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Perguruan Tinggi.

Suryana, Dadan. 2018. Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak . Jakarta: Prenadamedia Group Sutama. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R dan D. Surakarta: Fairus Media

Susilawati, E., Ardiansyah, N., Arifin, S., Lesmi, K., Ariati, C., Fajar, A., ... & Wahyudi, W. (2023). Media dan Teknologi Pendidikan. Bandung: CV Widina Media Utama

Suyanto, S, 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Wina Sanjaya. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v7i2.2401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.