VALIDITAS MEDIA SMART GEOMETRY POP-UP BOOKS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGENALAN BANGUN GEOMETRI SISWA TUNARUNGU

Erly Nurviyani, Icha Silfia, Teguh Samodra, Ilham Fathur Rahman, Jayanti Putri Purwaningrum

Abstract


Keterbalakangan daya pikir dalam mengenal bangun geometri pada siswa tunarungu dan media yang digunakan oleh sekolah masih kurang efektif, menjadikan siswa tunarungu kesulitan dalam mengenal bangun geometri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui adanya peningkatan persentase kelayakan pada media smart geometry pop-up books(2) Mengetahui kelayakan media smart geometry pop-up books yang bermuatan matematika pada siswa kelas IV dan V SLBN Cendono Kudus. Penelitian ini, menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah 5 siswa tunarungu terdiri dari kelas IV dan V SLBN Cendono Kudus. Penelitian yang dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu potensi dan identifikasi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi media dan revisi media. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu media yang dikembangkan dinyatakan layak dengan validasi ahli media yaitu dengan rata-rata keseluruhan sebesar 27 dan presentase 81% dengan kategori layak, validasi ahli materi yaitu rata-rata keseluruhan sebesar 4,1 dan presentase 82% dengan kategori layak untuk diuji cobakan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka kesimpulan dari pengembangan media smart geometry pop-up books ini dikatakan layak pada pembelajaran matematika dengan materi pengenalan bangun datar dan ruang pada siswa kelas IV dan V SLBN Cendono Kudus.


Keywords


Smart Geometry Pop-Up Books, Media Pembelajaran, Muatan Matematika, Siswa Tunarungu

References


Anditiasari, N. 2020 ‘Analisis Kesulitan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika’, Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), pp. 183–194.

Anita Seftriana, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Siklus Air. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 21.

Arico, V. D., & Wahyudi, W. (2021). Pelevelan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Taksonomi Solo. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(1).

Eka, A. A., Avita, D & Wahyudi, W. (2023). Geometry Pop-Up Book Learning Media in Increasing Understanding of the Concept of Building Space in Students. International Journal of Elementary Education, 7(4).

Fitriani, R. dan Prahmana, R. C. I. 2021 ‘Penelitian Implementasi Pembelajaran Matematika Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Indonesia’, AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), p. 12-93.

Ketut, I., Supartayasa, R., Made, I., & Wibawa, C. (2022). Belajar Siklus Air dengan Media Komik Digital Berbasis Tri Hita Karana. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 127–137.

Kurniasih, M. D. et al. 2020 ‘Analisis Gesture Siswa Tunarungu dalam Belajar Matematika di Tinjau dari Gender’, JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), p. 175.

Kusumawati, V. G. dan Andriyani, A. 2022 ‘Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Tunarungu dalam Masalah Operasi Bilangan Bulat Ditinjau dari Gaya Kognitif’, Prisma, Prosicing Seminar Nasional Matematika, 5, pp. 202–213.

Liza, N., Kuntarto, E. dan Kusmana, A. 2020 ‘Pemerolehan Bahasa Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) Dalam Memahami Bahasa’, Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 1(2), pp. 89–97.

Mutiara, M. S., & Hardjono, N. (2023). Pengembangan Media Digital Pop-Up Book pada Materi Ekosistem untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD Negeri Harjosari 01. Journal on Education, 6(1), 5024-5038.

Umam, N. K., Bakhtiar, A. M. dan Iskandar, H. 2019 ‘Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan’, Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), p. 1.

Wahyudi dan Nurjannah. 2022 ‘Kemampuan Numerasi Pada Siswa Tunarungu’,

Jurnal Pendidikan Indonesia 3(11), pp. 1034–1041.

Wardani, D. A., Nugroho, P. B. dan Meilasari, V. 2023 ‘Analisis Proses Penalaran Matematis Siswa Tuna Rungu Sekolah Luar Biasa Negeri Sukamaju Pada Pemecahan Masalah Bangun Datar’, Proximal: Jurnal Penelitian,6,pp. 34-42.

Sugiyono. (2021). Buku Sugiyono.pdf. In Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (p. 289).

Velda, N. M., & Mustika, D. (2022). Validitas Media Animasi Kartun Materi Siklus Air Kelas V Sekolah Dasar: Indonesian Journal of Islamic Studies, 3(02), 249–262.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v8i1.2421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.