PERAN PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN ETIKA BERILMU DI SEKOLAH DASAR

Mohammad Yusuf Randy, Oktaviani Adhi Suciptaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari keenam dimensi profil pelajar pancasila terhadap etika berilmu peserta didik di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Tahap-tahap yang digunakan pada jenis penelitian ini adalah fokus artikel ilmiah, pengumpulan data, analisis data, dan kesimpulan. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa profil pelajar pancasila berperan penting dalam membentuk etika berilmu peserta didik di sekolah dasar, antara lain: (1) Membentuk sikap tanggung jawab, rendah hati, jujur, dan saling menghormati dalam proses belajar dengan orang lain; (2) Membentuk sikap toleransi dan terbuka terhadap berbagai sudut pandang, serta memiliki ilmu yang bermanfaat bagi semua orang tanpa memandang perbedaan budaya; (3) Membentuk jiwa sosial dengan memiliki sikap saling membantu dan bekerja sama dengan orang lain; (4) Membentuk sikap bertanggung jawab, percaya diri, dan tidak mudah menyerah; (5) Membentuk sikap skeptis, tidak mudah percaya, dan bijaksana dalam menghadapi suatu permasalahan; dan (6) Membentuk sikap inovatif yang dapat menjadi agen perubahan positif bagi masyarakat. Oleh karena itu, guru harus menerapkan profil pelajar pancasila ini baik dalam proses pembelajaran, ekstrakurikuler, dan kegiatan P5 agar membentuk atau meningkatkan karakter dan etika dalam berilmu pada peserta didik di sekolah dasar.

Keywords


Profil Pelajar Pancasila, Etika Berilmu, Sekolah Dasar

References


Alga, R. K., Hasibuan, A. A. A., Azhara, S., & Hasibuan, E. H. H. I. S. (2023). Etika Interaksi Guru dan Murid. ALACRITY : Journal Of Education, 3(2), 58–65. https://doi.org/10.52121/alacrity.v3i2.164

Andayani, Akbar, M., & Situmorang, R. (2019). How is the Program Planning for Strengthening Character Education in Elementary Schools. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6(6), 776–782. http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v6i6.1216

Ansori, Y. Z., Nahdi, D. S., & Saepuloh, A. H. (2021). Menumbuhkan Karakter Hormat dan Tanggung Jawab pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 599–605. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1120

Aqiila, I. H., & Tirtoni, F. (2023). Analysis of Character Education As an Effort to Realize the Profile of Pancasila Students in the 5.0 Era. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(3), 3346–3355. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i3.2927

Aziz, A., & Hasanah, U. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pendidikan Karakter berbasis Nilai-Nilai Islam di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Education and Learning Sciences, 2(2), 1–14. https://doi.org/10.56404/jels.v2i2.19

Febrianti, A., & Rambe, E. D. A. (2023). Implementation of Citizenship Education in Elementary Schools in Forming Student Character Which is Cultured and Ethical. International Journal of Students Education, 1(3), 170–173.

Fitria, N., & Alfiansyah, I. (2023). Mewujudkan Karakter Profil Pelajar Pancasila dengan Menerapkan Budaya Positif pada Peserta Didik Di SDN 6 Gresik. 8(2), 6173–6182. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10252

Harahap, I. A. P. (2023). Pancasila Student Profile as An Effort to Realize Student Character in Seeing Global Opportunities and Challenges. International Journal of Students Education, 1(2), 7–11.

Hardiansyah, F., & Mas’odi. (2022). The Implementation of Democratic Character Education Through Learning of Social Science Materials of Ethical And Cultural Diversity in Elementary School. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2), 234–241. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i2.101

Huda, M. M., Supriatna, M., & Abidin, Z. (2023). Character in The Local Wisdom of Rewang of The Jotosanur Village Community as a Strategy to Strengthen The Profile of Pancasila Students in Elementary Schools. Jurnal Cakrawala Pendas, 9(1), 117–125. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v9i1.3848

Kiska, N. D., Putri, C. R., Joydiana, M., Oktarizka, D. A., Maharani, S., & Destrinelli, D. (2023). Peran Profil Pelajar Pancasila untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 4179–4188. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1116

Lestari, T. D., Saylendra, N. P., & Nugraha, Y. (2023). Strategi Meningkatkan Kesadaran Moral Peserta Didik melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. De Cive: Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(8), 9–15. https://doi.org/10.56393/decive.v3i8.1781

Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 9(3), 687–706. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576

Meilani, R. P., Lofha, P. H., Adelia, V. A., Fajrie, N., & Ardiyanti, S. D. (2023). Perilaku Sosial Peserta Didik dalam Budaya Etika Sopan Santun pada Guru di SD Negeri Baturejo 03. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya (Mateandrau), 2(2), 90–102. https://doi.org/10.55606/mateandrau.v2i2.1409

Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Dengan Studi Literatur. Open Science Framework.

Muhtadin, I. (2022). Filsafat Ilmu dan Etika Keilmuan. Azka Pustaka.

Nursalam, & Suardi. (2022). Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila berbasis Integratif Moral di Sekolah Dasar. AA Rizky.

Putri, I. A., & Nurdin, D. (2022). Implementation of School Governance Based on the Character of Pancasila Student Profile in Elementary School Students. Proceedings of the 6 Th International Conference on Research of Educational Administration and Management (ICREAM 2022), 6(1), 41–47.

Rozza, D. S., Haris, A., & Yazid, S. R. (2023). Kajian Interdisiplioner: Etika Berilmu dalam Perspektif Guru dan Murid. Research and Development Journal of Education, 9(1), 130. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.14089

Rudiawan, R., & Asmaroini, A. P. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah. EDUPEDIA, 6(1), 55–63. https://doi.org/10.24269/ed.v6i1.1332

Rukiyati, Purwastuti, A., & Haryatmoko. (2018). Etika Pendidikan. Penerbit Andi.

Sartika, M. M., Wilasih, & Dedy, T. (2023). Analysis of The Application of Pancasila Student Profile in The Character Forming to Students in Elementary School. International Conference on Elementary Education, 5(1), 404–413. http://proceedings2.upi.edu/index.php/icee/article/view/3136

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kemendikbudristek.

Soelaiman, D. A. (2019). Filsafat Ilmu Pengetahuan: Perspektif Barat dan Islam. Bandar Publishing.

Sufyadi, S., Harjatanaya, T. Y., Adiprima, P., Satria, M. R., Andiarti, A., & Herutami, I. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA). Kemendikbudristek.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukirno, Juliati, & Sahudra, T. M. (2023). The Implementation of Character Education as an Effort to Realise the Profile of Pancasila Students Based on Local Wisdom. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(1), 1127–1135. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.2471

Sulistyawati, W., Wahyudi, W., & Trinuryono, S. (2022). Analisis Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Blended Learning Saat Pandemi Covid-19 (Deskriptif Kuantitatif di SMAN 1 Babadan Ponorogo). KadikmA, 13(1), 68-73.

Wahyudi, A. E., Sunarni, & Ulfatin, N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Berorientasi Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 179–190. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8532

Yusnan, M. (2022). Implementation of Character Education in State Elementary School. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 5(2), 218–223. https://doi.org/10.34050/elsjish.v5i2.21019


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v8i1.2455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.