TEORI BEBAN KOGNITIF DAN BERPIKIR PSEUDO PADA PEMAHAMAN DEFINISI OPERASI PERKALIAN CALON GURU MATEMATIKA

Barep Yohanes

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan beban kognitif dan berpikir pseudo pada pemahaman definisi operasi perkalian calon guru matematika. Kesalahan pemahaman calon guru matematika dapat menyebabkan kesalahan konsep pada siswa yang kelak akan diajar. Kesalahan akan terus turun temurun sehingga mengakibatkan ketidak singkronan antara konsep perkalian terhadap kehidupan sehari-hari. Matematika memiliki peran yang terkoneksi antara matematika dengan matematika, matematika dengan kehidupan sehari-hari, dan matematika dengan bidang ilmu lainnya. Penelitian dilakukan dengan memberikan kasus masalah 1 untuk memancing munculnya berpikir pseudo dan selanjutnya diberikan kasus masalah 2 untuk memancing munculnya beban kognitif dalam pemahaman definisi perkalian. Jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan instrumen utama adalah peneliti itu sendiri dan instrument pendukung adalah kasus masalah, wawancara, observasi penelitian, dan dokumentasi. Analisis pengecekan keabsahan menggunakan triangulasi data dengan melibatkan data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat pemberian kasus masalah 1 muncul berpikir pseudo benar dan pseudo salah. Selanjutnya diberikan kasus masalah 2 muncul beban kognitif intrinsic dan germane dalam pembahasan definisi perkalian. Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini bahwa berpikir pseudo salah terjadi karena kurang memahami kegunaan definisi perkalian dalam aplikasi dikehidupan sehari-hari. Pemberian kasus yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dapat memicu munculnya beban kognitif germane untuk memperbaiki berpikir pseudo yang dialami oleh calon guru matematika.

Keywords


Beban Kognitif; Berpikir Pseudo; Definisi Perkalian; Calon Guru Matematika

References


Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, edisi-3 (3rd ed.). Pustaka Pelajar.

Darmawan, P. (2020). Interaksi Dual Proses Dalam Menyelesaikan Masalah Segibanyak Siswa Sekolah Dasar [Desertasi]. Universitas Negeri Malang.

Darmawan, P., Purwanto, Nengah Parta, I., & Susiswo. (2021). Teacher interventions to induce students’ awareness in controlling their intuition. Bolema - Mathematics Education Bulletin, 35(70), 745–765. https://doi.org/10.1590/1980-4415v35n70a10

Darmawan, P., Yohanes, B. , Hadi, M. R., (2023). Analisis Penyebab Rendahnya Kemampuan Pemecahan Masalah Calon Guru Matematika Menggunakan APKL, USG, dan Diagram Fishbone. Jurnal Tadris Matematika. 6(2). 199-218. http://dx.doi.org/10.21274/jtm.2023.6.2.199-218

de Jong, T. (2010). Cognitive Load Theory, Educational research, and instructional design: some food for thought. Instructional Science, 38(2), 105–134. https://doi.org/10.1007/s11251-009-9110-0

İbili, E. (2019). Effect of augmented reality environments on cognitive load: pedagogical effect, instructional design, motivation and interaction interfaces. International Journal of Progressive Education, 15(5), 42–57. https://doi.org/10.29329/ijpe.2019.212.4

Kalyuga, S. (2011). Informing: A cognitive load perspective. Informing Science: The International Journal of an Emerging Transdiscipline, 14(1), 33–45. https://doi.org/10.28945/1349

Kirschner, P. A., Sweller, J., Kirschner, F., & Zambrano, J. R. (2018). From Cognitive Load Theory to Collaborative Cognitive Load Theory. International Journal of Computer-Supported Collaborative Learning, 13(2), 213–233. https://doi.org/10.1007/s11412-018-9277-y

Lampiran Permendikbud No 103 Tahun 2014 (2014).

Redifer, J. L., Bae, C. L., & DeBusk-Lane, M. (2019). Implicit Theories, Working Memory, and Cognitive Load: Impacts on Creative Thinking. SAGE Open, 9(1). https://doi.org/10.1177/2158244019835919

Subanji. (2011a). Matematika Sekolah dan Pembelajarannya. J-Teqip, 1, 1–12.

Subanji. (2011b). Teori Berpikir Pseudo Penalaran Kovariasional. UM Press.

Subanji. (2015). Teori Kesalahan Konstruksi Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika. Universitas Negeri Malang.

Subanji, R., & Supratman, A. M. (2015). The Pseudo-Covariational Reasoning Thought Processes in Constructing Graph Function of Reversible Event Dynamics Based on Assimilation and Accommodation Frameworks. Research in Mathematical Education, 19(1), 61–79. https://doi.org/10.7468/jksmed.2015.19.1.61

Susiswo, Darmawan, P., Murtafiah, W., & Osman, S. (2024). Exploring default-interventionist interaction of thinking activity types on probability problem-solving. Journal on Mathematics Education, 15(1), 295–316. https://doi.org/10.22342/jme.v15i1.pp295-316

Sweller, J. (1988). Cognitive Load During Problem Solving: Effects on Learning. COGNITIVE SCIENCE, 12, 257–285.

Sweller, J. (2016). Working Memory, Long-term Memory, and Instructional Design. Journal of Applied Research in Memory and Cognition, 5(4), 360–367. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jarmac.2015.12.002

Sweller, J., Ayres, P., & Kalyuga, S. (2011). COGNITIVE LOAD THEORY (Vol. 82, Issue 1). Cambridge University Press. http://www.springer.com/series/8640

Sweller, J., Van Merrienboer, J. J. G., & Paas, F. G. W. C. (1998). Cognitive Architecture and Instructional Design. Educational Psychology Review, 10(3), 251–296. https://doi.org/10.1023/A:1022193728205

Yohanes, B. (2022). Beban Kognitif Intrinsic Dalam Pembelajaran Materi Eksistensi Bilangan Irrasional. JURNAL EDUPEDIA, 6(1), 1–12. http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/edupedia

Yohanes, B., & Darmawan, P. (2022). Resiliensi matematis calon guru matematika dalam pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 6(2), 96–107. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm

Yohanes, B., & Lusbiantoro, R. (2019). Cognitive Load Theory: Interactivity Elements in Mathematics Learning. INSPIRAMATIKA: Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 1–8. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/1477

Yohanes, B., & Mutimmah, D. (2023). Cognitive Load Theory: Mathematical Resilience in a Variable Examples-Based Learning. Jurnal Pendidikan MIPA, 24(2), 493–504. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v24i2.pp493-504


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v8i2.2997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.