PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS XI SMKN 8 PURWOREJO

Nila Kurniasih, Riawan Yudi Purwoko, Shintia Dwi Munawaroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi TAI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian kelas XI TKR A SMK Negeri 8 Purworejo. Rendahnya kemampuan numerasi siswa menjadikan latar belakang penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI TKR A SMK Negeri 8 Purworejo yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pengamatan (observation), Tes Kemampuan Numerasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan soal tes berbentuk essay pada tiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan numerasi siswa dan persentase ketuntasan siswa yaitu pada siklus I dan siklus II. Pada observasi siklus I persentase nilai rata-rata siswa yaitu 63,125% dan dengan ketuntasan siswa mencapai 18,35%. Sedangkan pada siklus II persentase nilai rata-rata siswa yaitu 86,875% dan dengan ketuntasan siswa mencapai 81,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi Teams Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas XI TKR A SMK Negeri 8 Purworejo dengan ditandai meningkatnya hasil tes kemampuan numerasi.


Keywords


Model Pembelajaran, Teams Assisted Individualization, Kemampuan Numerasi

References


Andini, D. M., & Supardi, E. (2018). Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 148.

Arifin, Zainal. (2021). Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. Dkk, (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Atun dan Rosmana. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Digna, D., & Widyasari, C. (2023). Teachers’ Perceptions of Differentiated Learning in Merdeka Curriculum in Elementary Schools. International Journal of Elementary Education, 7(2), 255–262.

Dimyati. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2017). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Dyah Worowirastri Ekowati & Beti Istanti Suwandayani. (2019). “Literasi Numerasi Untuk Sekolah Dasar” Universitas Muhammadiyah Malang.

Haryono, Didi. (2021). Filsafat Matematika. Bandung: ALFABETA.

Huda, Miftahul. (2011). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, Miftahul. (2019). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Nasoha, S. R., Araiku, J., Pratiwi, W. D., & Yusup, M. (2022). Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Implementasi Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning. Indiktika. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 49-61.

Mairing, Jackson Pasini. (2018). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: ALFABETA.

Maratus Sholihah dkk (2020). ‘Analisis Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD’. Jurnal. Universitas Muhammadiyah Malang.

Nugraheni, P, Purwoko, RY, Purwaningsih, WI, & IF (2024). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Pada Siswa Tunagrahita. Jurnal Edupedia, 8(1), 46-57

Nasaruddin (2020). ‘Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI)’. Universitas Negeri Makasar.

Nuriana Rachmani, Adi Satrio, (2022). Dasar Dan Proses Pembelajaran Matematika. Penerbit Lakeisha

Nurmasari, dkk (2016). ‘Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Pada Peserta Didik Kelas X SMAN Model Makasar’. Universitas Negeri Makasar.

Pardede, L., Situmorang , A. S., Sinaga , S. J., & Sihombing , D. I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Pada Materi Aritmatika Sosial Di Kelas VII SMP Negeri 13 Medan. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(2), 5060–5069.

Purwanto, Ngalim. (2019). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim. (2019). Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Raka (2021). Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dalam Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelistrikan di SMK N 8 Purworejo’. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Ramadhan, A., & Nadhira, A. (2022). DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH MEDAN. In Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan (Vol. 8, Issue 1).

Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar-mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Setyorini, Dwi Puji. (2017). Tantangan Guru Konselor. Surabaya: CV Pustaka Media.

Shoimin, Aris. (2021). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v8i2.3026

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.