ANALISIS METAKOGNISI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN TIPE KEPRIBADIAN KOLERIS DAN PHLEGMATIS

Erlin Ladyawati, Moh. Syukron Maftuh, Hanim Faizah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan aktivitas metakognitif siswa kelas VII di SMP Hasanudin Surabaya yang memiliki tipe kepribadian koleris dan phlegmatis dalam menyelesaikan masalah matematika. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa berkepribadian koleris dan 2 siswa berkepribadian phlegmatis. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yang menghasilkan data dalam bentuk deskriptif, baik berupa kata-kata maupun kalimat. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan wawancara. Peneliti menerapkan dua jenis tes: tes kepribadian untuk mengidentifikasi tipe kepribadian siswa, serta tes pemecahan masalah untuk mengkaji metakognisi siswa dalam mengerjakan soal matematika. Wawancara dilakukan untuk memperkuat hasil tes guna meningkatkan validitas analisis. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif melalui proses reduksi, penyajian data, analisis lebih lanjut, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diverifikasi menggunakan triangulasi sumber, yakni membandingkan data dari tes dan wawancara dengan data dari soal serupa. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa siswa dengan tipe kepribadian koleris dan phlegmatis telah menunjukkan aktivitas metakognitif yang meliputi tahap perencanaan, pemantauan, dan evaluasi dalam menyelesaikan masalah matematika. Pada tahap perencanaan, siswa koleris lebih terperinci dibandingkan siswa phlegmatis, karena mampu menambahkan detail dari informasi yang diperoleh. Dalam tahap pemantauan, siswa koleris dapat menemukan solusi yang lebih singkat dan efisien, sementara siswa phlegmatis cenderung masih mengalami kesulitan. Pada tahap evaluasi, siswa koleris jarang melakukan pemeriksaan ulang karena sudah yakin dengan jawabannya, sedangkan siswa phlegmatis lebih teliti dengan melakukan pemeriksaan untuk memastikan ketepatan hasil.


Keywords


Metakognisi, Pemecahan Masalah, Koleris, Phlegmatis

References


Agustina, R. (2014). Proses Berpikir Siswa Sma Dalam Penyelesaian Masalah Aplikasi Turunan Fungsi Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Choleris. Aksioma, 3, 50–55.

Amalia, R. A., & Widodo, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Model PBL Berbasis Etnomatematika ditinjau dari Tipe Kepribadian Sanguinis dan Melankholis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika2. 156–160. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Anggreini, D., Priyojadmiko, E., & Setiana, D. (2020). Analisis Koneksi Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Sanguinis, Koleris, Melankolis, dan Plegmatis. Buana Matematika, 10, 71–88. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/buana_matematika/article/view/2406/2166

Avita, R. N., Putri, A., Qodariyah, M., Izzah, N., & Yahya, A. (2022). Skala Kecerdasan Spiritual Remaja Muslim. Jurnal Psikologi Wijaya Putra http://jurnal.uwp.ac.id/fpsi/index.php/psikowipa/article/view/72/53

Fitri, R. (2017). Metakognitif Pada Proses Belajar Anak Dalam Kajian Neurosains. 2.

Hanifatuzzahra, D., & Harina Fitriyani, dan. (2021). Metakognisi : Adakah Perbedaan Siswa Melankolis Dan Koleris ? Jurnal Numeracy, 8(1).

Hippocrates, K. T., Cholearis, G. T., Phlegmantis, D., Amalia, S. R., Nur, A., & Widodo, A. (2018). Analisis Kemampuan

Pemecahan Masalah Mahasiswa Melalui Model Pbl Berbasis Etnomatematika Ditinjau dari (Vol. 9, Issue 1).

Iskandar, S. M. (2014). Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Sains Di Kelas. Erudio, 2(2).

Lestari Wahyu, Selvia, F., & Layliyyah, R. (2019). Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Metakognitif Siswa: Alternatif Pembelajaran Di Kurikulum 2013. At-Ta’lim, 5.

Maratus, Aina, Sholikha, , Arif, M., Kunci, K., Masalah, P., Hippocrates Galenus, K., & Komputer, S. (2021). Analisis Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Relasi Logik Dan Fungsi Gerbang Logika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Tipologi Hippocrates Galenus. In Jurnal Ilmiah Edutic (Vol. 8, Issue 1).

Mayasari, D., Priyo Utomo, D., & Cholily, Y. M. (2019). Analisis Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Hipocrates. In Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika VOLUME (Vol. 3, Issue 1). http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm

Murtinasari, F. (n.d.). Pengaruh Tipe Kepribadian dan Karakter Siswa (Koleris, Plegmatis, Sanguinis dan Melankolis) Terhadap Pemahaman Konsep Bentuk Segiempat. Jurnal UJMC, 8(2), 21–29.

Nuraeni, R., & Luritawaty, I. P. (2017). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Antara Yang Menggunakan Pembelajaran Inside-Outside-Circle Dengan Konvensional. Musharofah. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/466/421

Pamungkas, D. Y., & Siswanto, R. D. (2021). Identifikasi Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan Tipe Kepribadian Hippocrates-Galenus dan Gender. 05(03), 2324–2343.

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). View of Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. https://ejournal.unib.ac.id/jpmr/article/view/11405/5731

Riani, Asyril, & Untu, Z. (2022). Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Primatika, 11, 51–61.

Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 97–102. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.173


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v8i2.3029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.