MEDIA KOMIK MATEMATIKA SEDERHANA BAGI SISWA SMPLB

Fitria Khasanah, Feddy Perdana Putra Santosa, Sri Rahayuningsih, Khofidatur Rohmah

Abstract


Penelitian ini mengembangkan komik matematika sederhana bagi siswa SMPLB sebagai media pembelajaran serta untuk mengetahui motivasi belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan komik matematika sederhana. Sesuai dengan karakteristik siswa di SLB AC Dharma Wanita kegiatan pembelajaran lebih menekankan pada aspek visual. Penelitian ini merupakan penelitian R&D metode ADDIE. Dalam pengumpulan data dengan menggunakan Angket, Tes, serta Wawancara. Penelitian ini dilakukan di SLB AC Dharma Wanita Sidoarjo pada kelas SMPLB dengan jumlah sebanyak 14 Siswa. Angket digunakan untuk mengetahui motivasi siswa setelah belajar menggunakan komik, Tes digunakan untuk mengetahui Tingkat pemahaman siswa dalam memahami isi dari komik, dan pedoman wawancara digunakan untuk mengetahui secara langsung tanggapan siswa setelah pembelajaran menggunakan Komik. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisa dari hasil penelitian menggunakan Analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komik matematika sederhana yang dikembangkan melalui lima tahap, pada tahap validasi instrument sebelum diterapkan dilakukan kepada 3 validator sesuai dengan bidang masing-masing hingga instrument Komik Sederhana yang dikembangkan dikatakan Valid atau layak untuk diterapkan kepada siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu pengembangan media Komik sederhana melalaui 5 tahap dan setelah dilakukan uji coba diperoleh bahwa media pembelajaran komik matematika sederhana berpengaruh terhadap motivasi siswa disamping itu juga berdampak pada peningkatan pemahaman siswa.


Keywords


Komik Matematika; Anak Berkebutuhan Khusus; Minat dan Motivasi Belajar; Komik Canva.

References


Admelia, M. N. F. S. S. A. A. I. F. L. N. (2022). Efektifitas penggunaan aplikasi Canva dalam pembuatan modul pembelajaran interaktif Hypercontent di Sekolah Dasar Al Ikhwan.

Anggraeni, I. D. (2021). Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Datar Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Kelas 5 Di SLB-C Pertiwi. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Anisa. (2020). Pemenuhan Hak Atas Pendidikan Bagi Siswa Menengah Pada Masa Pandemi Covid-19. Universitas Islam Indonesia.

Aulika, R., Gandamana, A., Gultom, I., Feliks, D., & Tambunan, H. (2023). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis Aplikasi Canva pada Kelas III di Sekolah Dasar Negeri 064017 Medan Kecamatan Perjuangan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 763–771. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.266

Daniel Nabunome, A. S. H. (2018). Penggunaan Media Komik untuk Meningkatkan Kemampuan dan Minat Membaca bagi Anak Tunagrahita Ringan Siswa Kelas XI di SLB Pembina Kupang. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 3(2). https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jipend/article/view/27/22

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. UIN Sultan Maulana Hasanuddin.

K A’yun, L. M. C. S. F. K. (2024). EKOMATH: Komik Matematika Series Bangun Datar . Insight Mediatama.

Khasanah, F., Isnaini, U., Pujiati, E., Marsono, M., & Inayati, S. (2024). Training and development of flipbook learning resources for Master Bimbel in Malang Regency. Community Empowerment, 9(3), 462–469. https://doi.org/10.31603/ce.10342

Mais Asrorul. (2016). Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jombang. CV Pustaka Abadi.

Makarim, N. (2022). Kurikulum Merdeka Jadi Jawaban untuk Atasi Krisis Pembelajara. Kemdikbud.Go.Id .

Mu’awwanah, U. dkk. (2021). Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Media Madani.

Muhamad Said. (2021). Hukum Hak Aşası Manusia (HAM). Prenada Media Group.

Sri Sumarni. (2019). Model Penelitian dan Pengembangan (R&D) Lima Tahap (Mantap). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Sugihartini, J. P. S. (2017). E-Modul Mata Kuliah Asesmen dan Evaluasi Berbasis Analyze Implement Evaluate Design Develop.

Sukasari. (2019). Model Pendidikan Inklusi Dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Kanwa Publisher .

Wawan Setiawan. (2017). Era Digital dan Tantangannya.

Yuliani, D., & Arif Dewantoro, D. (2016). Dimas Arif Dewantoro, Efek Media Komik terhadap Perilaku Disiplin pada Anak Tunagrahita 34 JURNAL ORTOPEDAGOGIA (Vol. 2, Issue 1). http://elearning.undana.ac.id/index.

Yuliani, D. D. A. D. (2016). Efek Media Komik terhadap Perilaku Disiplin pada Anak Tunagrahita.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v8i2.3030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.