Penyusunan Instrumen Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Teori Kastolan

Rizal Nur Rochman, Arta Ekayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai penyusunan instrumen analisis kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika, khususnya pada materi Persamaan Kuadrat dengan teori Kastolan. Kesalahan adalah kondisi dimana siswa mengerjakan soal mengalami kesalahan dalam memahami dan menyelesaikan dan gagal dalam mengerjakan soal yang diberikan. Berdasarkan teori kastolan ada 3 jenis kesalahan yaitu konseptual, prosedural dan teknik. Dalam penyelesaian soal persmaaan kuadrat dimungkinkan terjadi 3 kesalahan tersebut. Kesalahan konseptual terjadi ketika siswa mengalami ketidakmampuan dalam dalam menyatakan bentuk variabel serta menulis rumus dan langkah yang digunakan. Kesalahan prosedural terjadiketika siswa tidak mampu menyelesaikan dengan metode yang digunkan dalam menyelesaikan soal dan tidak bisa menyederhanakan ke bentuk paling sederhana. Kesalahan teknik terjadi ketika siswa tidak mampu memberikan atau menuliskan  hasil yang diperoleh serta siswa tidak mampu mengitung dari awal pengerjaan hingga akhir. Sehingga dapat dibuat instrumen dengan jenis tes yang dapat menguji dan mengetahui jenis kesalahan-kesalahan siswa dalam mengerjakan soal persamaan kuadrat.

 


Keywords


Teori kesalahan kastolan,persamaan kuadrat

References


Damayanti, F., & Rufiana, I. S. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Bangun Ruang Kubus Dan Balok Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Ilmiah, 0985(10), 481124.

Hanipa, Akbar, Veny Tryana, Andika Sari, Jalan Terusan, and Jenderal Sudirman. 2012. “SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA SISWA.” Journal On Education 01(02):15–22.

Ilmiyah, Luluk, Sujoko Purnama, and Sizillia Noranda Mayangsari. 2018. “Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.” AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 5(1):105–15.

Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 3(2), 107–114. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/1892

Kosasih, Fajar, and Heni Pujiastuti. 2020. “Analisis Kesalahan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Dalam Mengerjakan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.” MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 7(2):164–73.

Lenterawati, Bela Sofiana, Ikrar Pramudya, and Yemi Kuswardi. 2018. “Analisis Kesalahan Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Gaya Berpikir Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019.” Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPPM) 2(6):471–82.

Mauliandri, R., and Kartini. 2020. “Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa SMP.” 09(2):107–23.

Meilanawati, Putri, and Heni Pujiastuti. 2020. “Teori Bilangan Menurut Tahap Kastolan Ditinjau.” Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Bina Bangsa Meulaboh 7(2):182–90.

Mukti, A. (2019). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGER.J AKAN SOAL SPLDV. PONOROGO

Nasrudin, Reqy Thoat. 2017. Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Kubus Dan Balok Di Mts Negeri Sukoharjo.

Nurhidayah, D. A. (2015). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 13–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v3i2.83

Noviani, Julia. 2019. “Analisis Kesalahan Mahasiswa Menurut Tahapan Kastolan Dan Pemecahan Masalah Matematika Finansial Model Polya.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI 3(1):27–39.

Pangestika, A. D., & Ekayanti, A. (2019). BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PENGAJUAN DAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 3 PONOROGO PENDAHULUAN Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada setiap jenjang pendidikan dan merupakan ilmu dasar yan. 496–506.

Ramadhani, Annisa Nur. 2016. “Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Pada Materi Aljabar Serta Proses Scaffolding-Nya.” JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya 1(1):11. doi: 10.24269/js.v1i1.243.

Ratnasati, Y., & Nurhidayah, D. A. (2020). ANALISIS BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MENYELESAIAKAN MASALAH MATEMATIKA. Edupedia, 0985(10), 481124.

Rusdianto, H. D. W. I. (2010). Analisis kesalahan siswa kelas VII-G SMP Negeri 1 Tulangan Sidoarjo dalam menyelesaikan masalah-masalah perbandingan bentuk soal cerita (Issue 031). http://digilib.uinsby.ac.id/8705/

Sa’aduddien Khair, Muhammad, Subanji -, and Makbul Muksar. 2018. “Kesalahan Konsep Dan Prosedur Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Ditinjau Dari Gaya Berpikir.” Jurnal Pendidikan Teori Penelitian Dan Pengembangan 3(5):620–33.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Alfabeta, Yogyakarta, Indonesia, 2018

Sulistyaningsih, Annisa, and Ellya Rakhmawati. 2017. “Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Pemecahan Masalah Matematika.” Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny 19(2):123–30.

Wahyudi, W., Rufiana, I. S., & Nurhidayah, D. A. (2020). Quizizz: Alternatif Penilaian di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(2), 95. https://doi.org/10.25139/smj.v8i2.3062


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v5i2.782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.