Peran Self Confidence Bagi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Rio Wahyu Adi Purnomo, Wahyudi Wahyudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran self confidence siswa bagi kemampuan komunikasi
matematis siswa.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di SMP N 1 Bungkal dengan
jumlah subjek penelitian sebanyak 8 siswa kelas VII A. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan yaitu,
instrumen tes tentang kemampuan komunikasi matematis siswa berupa 4 butir soal berbentuk essay dengan
materi bangun datar segiempat dan segitiga. Dan instrumen non tes tentang self confidence siswa berupa angket
self confidence sebanyak 16 pernyataan dengan pernyataan negatif dan positif.  Dari hasil penelitian ini dapat
disimpulkan bahwa siswa yang memiliki sikap kepercayaan diri yang kurang akan cenderung sulit untuk
menyampaikan dan mengekspresikan informasi, juga ide/gagasan yang dimilikinya.  Sedangkan untuk siswa
dengan sikap kepercayaan diri tinggi mampu memahami, mengevaluasi dan mengekspresikan ide - ide yang
ditemui, dalam bahasa maupun simbol matematikanya sendiri. Hal ini disebabkan karena adanya pandangan
positif siswa terhadap dirinya dan kemampuannya, sehingga siswa tidak merasa cemas ataupun takut salah ketika
menyelesaikan masalah mengenai komunikasi matematis. Disaat siswa memiliki kepercayaan diri yang baik,
siswa akan berani menyampaikan pendapatnya serta ide/gagasan matematikanya sendiri, hal itu akan mendorong
meningkatkan prestasinya. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa self confidence sangat berperan penting
bagi kemampuan komunikasi matematis siswa.


References


Af-Idah, N. Z., & Suhendar, U. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Teori Apos Saat Diterapkan Program Belajar Dari Rumah. Jurnal Edupedia Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Anggari, R. S., & Rufiana, I. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Pada Soal Cerita Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Edupedia Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Astuti, A., & Leonard. (2018). Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif 2(2): 102-110 Issn: 2088-351x.

Damayanti, F., & Rufiana, I. S. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Bangun Ruang Kubus Dan Balok Ditinjau Dari Motivasi Belajar. Jurnal Edupedia Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Depdiknas. (2006). Menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22.

Hapsari, M. J. (2011). Upaya Meningkatkan Self-Confidence Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Inkuiri Terbimbing. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Yogyakarta, 3 Desember 2011.

Hermawan, H. (2018). Metode Kualitatif Untuk Riset Pariwisata. Open Sciene Framwork.

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika . Admathedu | Vol.7 No.1 | Juni 2017 Issn: 2088-687x .

Muniroh, S., Rosyana, T., & Hendriana, H. (2018). Hubungan Self-Cofidence Dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smp. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif Issn 2614-221x (Print) Volume 1, No. 4, Juli 2018 Issn 2614-2155 (Online) .

Purwanto, J. (2015). Hubungan Sikap Terhadap Perilaku Merokok Dengan Self Confident Pada Mahasiswa Perorok Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Malang. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang .

Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Self Confidence Siswa Mts Di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Didaktik Volume 9, Nomor 1 Maret 2015 – Issn 1978-5089.

Rahmi, S., Nadia, R., Hasibah , B., & Hidayat, W. (2017). The Relation Between Self-Efficacy Toward Math With The Math Communication Competence. Journal Of Mathematics Education P–Issn 2089-6867 Volume 6, No. 2, September 2017 E–Issn 2460-9285 .

Salam , R. (2017). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Dan Komunikasi Matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan Insani, Volume 20, Nomor 2, Desember 2017, Hlm. 108-116 .

Santi, E. E. (2019). Kemampuan Representasi Matematis . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran 2019 “Reorientasi Profesionalisme Pendidik Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0” .

Subiyakto, A., Rufiana, I. S., & Nurhidayah , D. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Berbantuan Teknik Scaffolding. Jems (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains).

Sumaji, & Wahyudi. (2020). Refleksi Pembelajaran Matematika Smk Muhammadiyah 1 Ponorogo Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Mutlak. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 04, No. 02, Pp. 746-755.

Tresnawati , Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa Sma. Symmetry | Pasundan Journal Of Research In Mathematics Learning And Education Volume 2 Nomor 2, Desember 2017 Issn 2548-2297 .


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v5i2.1109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.