PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN STRATEGI MENYUSUN SOAL CERITA TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA

Denis Indria Tarelluan, Intan Sari Rufiana
DOI: 10.24269/ed.v1i1.167

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran CIRC dengan strategi menyusun soal cerita lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kauman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 kauman terdiri dari delapan kelas. Dalam pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan kelas VIII C. Kelas VIII C sebagai kelas eksperimen diterapkan model CIRC dengan strategi menyusun soal cerita sedangkan kelas VIII A sebagai kelas kontrol diterapkan model konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes kemampuan menyelesaikan soal cerita. Teknik analisis data untuk melihat perbedaan model CIRC dengan strategi menyusun soal cerita dan model konvensional terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika adalah uji-t. Hasil penelitian pada taraf signifikan 0,05 dengan nilai      yaitu 0,001 0,025 sehingga menolak dan menerima . Dari hasil analisis, nilai rata-rata kelas eksperimen kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC dengan strategi menyusun soal cerita berpengaruh terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita.


Keywords


CIRC, menyusun soal cerita, kemampuan menyelesaikan soal cerita.

References


Adam, T. L. 2013. Reading mathematics: More than words can say. The reading Teacher, 56(8), 787 – 795

Amanda Stark. 2008. Writing Relevant Word Problems: Seeking to Increase Student Mathematical Achievement. Summative Projects for MA Degree (Pp 36). University of Nebraska. Lincoln.

Fatmawati, Agustina. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk SMA Kelas X. Jurnal EduSains. Vol. 4 No. 2.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Kurniawan, Apri. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dengan Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Materi Segiempat Kelas VII.

Laily, Idah Faridah. 2014. Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Jurnal EduMa Vol.3 No.1.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung. PT: Refika Aditama.

Marcia Ostmeyer. 2009. Students Writing Original Word Problems. Action Research Projects (Pp 49). University of Nebraska. Lincoln.

Rothstein, A., & Rothstein, E. 2007. Writing and Mathematics: An Exponential Combination. Principal Leadership, 7, 21-25.

Sepeng, P., & Sigola, S. 2013. Making Sense of Errors Made by Learners in Mathematical Word Problem Solving. Mediterranean Journal of Social Sciences MCSER Publishing, Vol 4 No 13.

Suyitno, A., &Kristiyajati 2016. Strategi Pembelajaran 2, Pengembangan Indikator Dan Materi. Jakarta. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga

Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Uyanto, S, S. 2006. Pedoman analisis data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yuliana, A. & Sukoriyanto. 2013. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe CIRC Untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Himpunan Kelas VII SMP Negeri 13 Malang.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.