ANALISIS BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA

Yuli Ratnasari, Dwi Avita Nurhidayah
DOI: 10.24269/ed.v4i2.551

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Muhammadiyah Boarding School Jetis Ponorogo pada kelas IX A. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah tes soal berpikir reflektif dan pedoman wawancara. Tes yang digunakan sebanyak tiga soal. Semua siswa kelas IX A diberikan tes berpikir reflektif. Setelah diberikan tes, diambil 4 orang siswa yang memiliki kemampuan komunikasi baik berdasarkan rekomendasi guru dan yang memenuhi indikator berpikir reflektif. Untuk selanjutnya empat siswa tersebut menjadi subjek wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Dalam penelitian ini peneliti juga menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: proses berpikir reflektif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika adalah cukup reflektif dan reflektif. Siswa yang mempunyai proses berpikir reflektif kategori reflektif, pada masalah yang diberikan dapat memenuhi semua langkah fase dalam indikator berpikir reflektif reacting, comparing, dan contemplating dengan baik. Sedangkan siswa yang mempunyai proses berpikir reflektif kategori cukup reflektif melewati  fase reacting dan comparing saja. Siswa tidak memenuhi fase contemplating karena siswa tidak mampu menentukan maksud dari permasalahan dan tidak dapat menyimpulkan penyelesaian permasalahan. Sebaiknya hasil penelitian ini dijadikan pertimbangan oleh guru untuk mengetahui berpikir reflektif siswa supaya guru lebih mengenali dan memperhatikan berpikir reflektif siswanya saat menyelesaikan masalah matematika karena dapat digunakan sebagai evaluasi hasil belajar siswa.

Keywords


Berpikir Reflektif, Masalah Matematika

References


Ariestyan, Yola, Sunardi, dan Dian Kurniati. 2016. Proses Berpikir Reflektif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Kadikma, 7(1): 94-10.

Bani, Asmar. 2012. Pemecahan Masalah dan Representasi Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1): 81-96.

Kusumaningrum, Maya, dan Abdul Aziz Saefudin. Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Matematika Melalui Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal FMIPA UNY, Vol 20 hlm 571-580.

Marchis, I. 2012. Non-Routine Problems in Primary Mathematics Workbook from Romania. Journal of Acta Didactica Napocensia, 5(3): 49-56

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putri, Agustina Sukarno, dan Helti Lyga Mampouw. 2018. Profil Berpikir Reflektif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe-Tipe Perkalian Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika dan Gender. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1): 34-46.

Rahmawati, Sayyidah Umma, dan Senja Putri Merona. 2019. Berpikir Reflektif Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 3(2): 117-129.

Sabandar, Jozua. 2013. Berpikir Reflektif Dalam Pembelajaran Matematika. Prodi Pendidikan Matematika Sekolah Pascasarjana UPI.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suharna, Hery. 2018. Teori Berpikir Reflektif dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yildirim, S. dan Ersozlu, Z.N. 2013.The Relationship between Students Metacognitive Awareness and Their Solutions to Similar Types of Mathematical Problems. Eurasia Journal of Mathematics, Science, and Technology Education, 9(4): 411-415.

Zulmaulida, R. 2012. Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Proses Berpikir Reflektif terhadap Peningkatan Kemampuan Konesi dan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Tesis, Bandung: FMIPA UPI.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.