ANALISIS BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA
Abstract
Keywords
References
Ariestyan, Yola, Sunardi, dan Dian Kurniati. 2016. Proses Berpikir Reflektif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Kadikma, 7(1): 94-10.
Bani, Asmar. 2012. Pemecahan Masalah dan Representasi Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1): 81-96.
Kusumaningrum, Maya, dan Abdul Aziz Saefudin. Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Matematika Melalui Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal FMIPA UNY, Vol 20 hlm 571-580.
Marchis, I. 2012. Non-Routine Problems in Primary Mathematics Workbook from Romania. Journal of Acta Didactica Napocensia, 5(3): 49-56
Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Putri, Agustina Sukarno, dan Helti Lyga Mampouw. 2018. Profil Berpikir Reflektif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe-Tipe Perkalian Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika dan Gender. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1): 34-46.
Rahmawati, Sayyidah Umma, dan Senja Putri Merona. 2019. Berpikir Reflektif Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 3(2): 117-129.
Sabandar, Jozua. 2013. Berpikir Reflektif Dalam Pembelajaran Matematika. Prodi Pendidikan Matematika Sekolah Pascasarjana UPI.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Suharna, Hery. 2018. Teori Berpikir Reflektif dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yildirim, S. dan Ersozlu, Z.N. 2013.The Relationship between Students Metacognitive Awareness and Their Solutions to Similar Types of Mathematical Problems. Eurasia Journal of Mathematics, Science, and Technology Education, 9(4): 411-415.
Zulmaulida, R. 2012. Pengaruh Pembelajaran Dengan Pendekatan Proses Berpikir Reflektif terhadap Peningkatan Kemampuan Konesi dan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Tesis, Bandung: FMIPA UPI.
DOI: 10.24269/ed.v4i2.551
Refbacks
- There are currently no refbacks.