Hubungan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Motivasi Belajar & Kemampuan Pemecahan Masalah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalahn. Penelitian ini termasuk penelitian kajian pustaka. Pada penelitian ini terdapat beberapa literatur dari berbagai sumber. Dalam hal ini motivasi belajar merupakan dorongan yang muncul baik dari dalam ataupun dari luar diri peserta didik yang mampu menimbulkan semangat belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar sehingga mencapai tujuan pembelajaran itu. Selain itu kemampuan pemecahan masalah merupakan kompetensi yang dimiliki peserta didik dalam memahami permasalahan kemudian dapat menemukan solusi untuk menyelesaikan permasalahan matematis tersebut. Diantara model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran CIRC. Model pembelajaran CIRC ini merupakan model pembelajaran cooperative berbasis kelompok. Model pembelajaran CIRC suatu proses pembelajaran cooperative berbasis kelompok yang memberikan kesempatan peserta didik untuk aktif dalam menyelesaikan suatu permasalahan soal. Hal ini berdasarkan langkah langkah model pembelajaran CIRC yaitu membentuk kelompok, guru memberikan bacaan kepada peserta didik sesuai dengan materi bahan ajar, peserta didik bekerja sama kemudian menuliskan hasil kolaboratifnya, mempersentasikan hasil kelompok, refleksi. Dalam langkah-langkah yang diterapkan pada model pembelajaran CIRC tersebut membiasakan peserta didik untuk lebih aktif sehingga dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didikdan kemampuan pemecahan masalah. Selain itu ditunjukkan dalam kelebihan model pembelajaran CIRC bahwa model pembelajaran ini dapat membangkitkan motivasi belajar.
Keywords
References
Budiono, I., dan Suhendar, U. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Pendekatan RME. Prosding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, 488-495.
Daimaturrohmatin, D., & Rufiana, I. S. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Kolb. Edupedia, 3(1), 17-31.
Ensiwi Munarsih, (2016). Pengaruh Hasil Belajar Menggunakan Model CIRC pada Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika, Pendidikan Matematika JPM RAFA Vol.2,No.1.
Gunarto, 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.
Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Istrani. 2017. Strategi Pembelajaran Kooperatif. Medan : Media Persada.
National Council Of Teachers Of Mathematics. (2000). Principles And Standard For School Mathematics. NCTM.
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Setyaningsih, L., & Ekayanti, A. (2019). Keterampilan Berfikir Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Kemampuan Number Sense. Jurnal Dikdatik Matematika, 6(1),28-39.
Safitri, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievment Divisions) Terhadap Peningkatan Karakter Pilar Tanggung Jawab Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA N 11 Kota Jambi T.A 2017/2018. Repositori Unja.
Slavin, R. E. (2005). Cooperative learning teori, riset dan praktik. Bandung: Nusa Media.
S. Milya and Asmendri, Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA, Nat. Sci. J. Penelit. Bid. IPA dan Pendidik. IPA, vol. 6, no. 1, pp. 917– 929, 2021.
Sukiastini, I G, A, N, K, dkk. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Berpikir Kreatif. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA (Volume 3 Tahun 2013)
Wahyudi, Rufiana. Intan Sari & Nurhidayah. Dwi Avita. (2020). Quizizz: Alternatif Penilaian di Masa Pandemi Covid-19. EDUPEDIA : Penerbitan Artikel Ilmiah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo. 8 (2): 95 - 108
Widiarti, A., & Hernadi, J. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Bermain Peran untuk Menurunkan Kecemasan Siswa terhadap Matematik. Imajiner : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, I(6),252-257.
Widyasari, M, dkk. (2012). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi SMA. Fakultas Ilmu Sosial. Malang: Universitas Negeri Malang
DOI: 10.24269/ed.v5i2.1005
Refbacks
- There are currently no refbacks.