PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH

Rofi Rudiawan, Ambiro Puji Asmaroini

Abstract


Profil Pelajar Pancasila adalah program yang dibuat Kemendikbud sebagai upaya memperkuat pendidikan karakter di Indonesia. Program ini dapat menjadi jalan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional yakni membentuk generasi yang cerdas secara intelektual dan memiliki karakter yang sesuai dengan pancasila. Dalam proses penguatan Profil Pelajara Pancasila penting adanya peran dari seorang guru  utamanya guru PPKn. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PPKn dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunkan metode penelitian literatur review. Isi dan pembahasan dalam penelitia ini terkait peran guru PPKn dalam penguatan profil pelajar Pancasila di sekolah.. Dari hasil kajian yang dilakukan peran guru PPKn sangatlah penting karena guru PPKn bukan hanya sekedar mentransfer ilmu  pengetahuan tapi juga motivasi dan karakter pada anak. Dalam upaya penguatan Profil Pelajar Pancasila guru harus memiliki kemampuan utama yaitu sebagai contoh/ tauladan bagi anak.  Memiliki perencanaan pembelajaran yang fokus pada pembentukan nilai-nilai Pancasila. Membuat pembelajaran yang berbasis pendekatan kearifan lokal. Membangun kesadaran peserta didik melalui model pembelajaran berbasis proyek. membuat pembelajara yang menarik dan tidak terbatas pada ruang, tempat dan waktu. Model pembelajaran yang memanfaatkan perkembangan TI. Membuat evaluasi pembelajaran yang terpusat pada pendekatan saintifik.


Keywords


Pendidikan, Peran Guru, PPKn, Profil Pelajar Pancasila

References


Alfiansyah, H. R., & Wangid, M. N. (2018). Muatan Pendidikan Kewaranegaraan Sebagai Upaya Membelajarkan Civic Knowledge, Civic Skills, Dan Civic Disposition Di Sekolah Dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 6(2), 185–194.

Azzahra, K. S., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Pancasila Bagi Pembentuk Karakter Bangsa Sebagai Proses Pembelajaran Terhadap Masyarakat. Jurpis : Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 18(1), 86–100.

Budiarto, G. (2020). Indonesia Dalam Pusaran Globalisasi Dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral Dan Karakter. 13(1), 50–57.

Hamid, A. (2017). Guru Professional. Guru Profesional, 17(November), 274–285. Http://Ejurnal.Staialfalahbjb.Ac.Id/Index.Php/Alfalahjikk/Article/View/26

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan …, 2(1), 76–84. Https://Dinastirev.Org/Jmpis/Article/View/388

Maya, R. (2013). Esensi Guru Dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Islam, 2(3).

Musa, M. I. (2016). Pengembangan Kompetensi Guru Terhadap Pelaksanaan Tugas Dalam Mewujudkan Tenaga Guru Yang Profesional. Jurnal Pesona Dasar, 2(4), 8–27.

Noventari, W. (2020). Konsepsi Merdeka Belajar Dalam Sistem Among Menurut Pandangan Ki Hajar Dewantara. Pkn Progresif, 15(1), 83–91.

Nur‘Inayah, N. (2021). Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 Di Smk Negeri Tambakboyo. Gerasi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–13.

Pirol, A., & Ag, M. (2008). Merespons Tantangan Zaman : Dari Lokalitas Hingga Globalitas.

Purnama, C. S. (2020). Pemikiran Soedjatmoko Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Pada Abad Ke-21 Di Indonesia. Herodotus: Jurnal Pendidikan Ips, 3(58), 185–197. Https://Journal.Lppmunindra.Ac.Id/Index.Php/Herodotus/Article/View/8021

Roqib, M., & Nurfuadi. (2020). Kepribadian Guru Upaya Mengembangkan Kepribadian Guru Yang Sehat Di Masa Depan. Http://Repository.Iainpurwokerto.Ac.Id/Id/Eprint/7229

Rusnaini, Raharjo, Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249. Https://Journal.Ugm.Ac.Id/Jkn/Article/View/67613

Safitri, A., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Pedoman Generasi Milenial Dalam Bersikap Di Media Sosial. 3, 78–87.

Saragih, A. H. (2008). Kompetensi Minimmal Seorang Guru Dalam Mengajar. Jurnal Tabularasa Pps Unimed, 5(1), 23–34.

Setiawan, D. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(2), 61. Https://Doi.Org/10.24114/Jupiis.V6i2.2285

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).

Widianti, N. (2014). Peran Guru Pkn..., Nurul Widianti, Fkip Ump 2017.

Widyastuti, A. (2020). Persepsi Guru Tentang Konsep Merdeka Belajar Mendikbud Nadiem Makarim Dalam Pendidikan Agama Islam Di Mts Negeri 3 Sleman. Https://Dspace.Uii.Ac.Id/Handle/123456789/29071


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v6i1.1332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.