PENGARUH PENERAPAN METODE STORYTELLING BERBASIS MEDIA HAND PUPPET TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK SB KAMPUNG BHARU MALAYSIA

Della Novita Sari, Mandra Saragih

Abstract


Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Storytelling berbasis Media Hand Puppet Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa di SB Kampung Bharu Malaysia. penelitian ini mengguunakan metode kuantitatif model Pre-experimental. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SB Kampung Bharu Malaysia. Dengan populasi sebanyak 25 siswa yang dijadikan sampel. Tenik sampling yang digunakan yaitu paired sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah observasi berupa kuisioner, dokumentasi dan tes. Hasil analisis data setelah Uji t-test, data nilai pretest dan posttest menunjukan bahwa dari 25 sampel yang diproleh nilai rata rata 67,96 dengan standard deviasi sebesar 5,912 dan rata-rata nilai posttest adalah 84,96 dengan standar deviasi sebesar 3,736. Setelah uji hipotesis nilai sig tailed 0,000 < 0,05 maka dapat diambil keputusan bahwasanya Ha diterima. Dengan demikian dapat dikatakan Metode Pembalajaran Storytelling berbasis Media Hand Puppet dapat mempengaruhi kemampuan keterampilan berbicara siswa di SB Kampung Bharu Malaysia.


Keywords


storytelling method, hand puppet media, speaking skills

References


Apriant, N., Purnawati, A., Nur’aslinda, S., & Sari, H. (2023). Manfaat Story Tellingdalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Al-Amin, 1(1), 67–81.

Ayi Sobarna. (2020). AYI SOBARNA. Efektivitas Metode Storytelling Bermedia Boneka untuk Pengembangan komunikasi. XXVI(1), 71–80.

Azizah Utami Putri. (2020). pengaruh penerapan metode story telling berbantuan proyektor terhadap keterampilan berbicara murid kelas IV SD Inpres Mangga Tiga Kota Makassar . Variabel. 1–23.

Basori, M. H., Putri, P. K. D., & Hidayat, M. N. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Storytelling di TKIT Bina Amal Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 608. https://doi.org/10.62411/ja.v7i2.2138

Beta, P. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Bermain Peran. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 2(2), 48–52. https://doi.org/10.30605/cjpe.222019.118

Holipah, S. N., Gunawan, G., & ... (2024). Metode Pembelajaran Role Playing Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara. … : Jurnal Pendidikan Guru …, 3(2), 95–105. https://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/instruktur/article/view/778

Maghfiroh, S. I., & Madania, N. (2024). Keterampilan Berbicara Peserta Didik kelas II Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. 8, 21334–21341.

Mardiana. (2024). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Pilihan Kata / Diksi terhadap Keterampilan Berbicara Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kepulauan Seribu Jakarta Dosen Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi Malahayati Jakarta , Indonesia internasional , yang diambil se. 4.

Mumtazah, W., Rahmadani, S., & ... (2024). Penggunaan Metode Storytelling Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Anak TK. Jambura Early …. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/view/2848%0Ahttps://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jecej/article/download/2848/791

Nanik Fitria Anggraini. (2020). Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Peningkatan Perilaku Prososial Anak Uddia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Islamiyah Pontianak. 6.

Prayogi, A., & Kurniawan, M. A. (2024). Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif : Suatu Telaah Complex : Jurnal Multidisiplin Ilmu Nasional. 1, 30–37.

Renaldi, M., Syamsuyurnita, S., Saragih, M., & Nasution, I. S. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Pada Materi Pkn Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(2), 473–482. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i2.1041

Rindengan, M. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas V SD GMIM 2 Tumpaan. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 1–10. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara

Samosir, L. B., Herawati, J., & Samosir, R. (2023). Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Pembina HKBP Tarutung. Bahasa Dan Ilmu Sosial, 1(6), 107–122. https://doi.org/10.61132/nakula.v1i6.248

Sara Sefti. (2023). Pengaruh Bercerita Dengan Berbantukan Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Serawai Islami Desa Pasar Seluma. 1(1), 81–96.

Siregar, N. H., & Basri, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Start With A Question Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas V SD Negeri 101744 Desa Klambir Program Studi Pendidikan Dasar , Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. 7, 22300–22310.

Sofi, A. N. S., & Praheto, B. E. (2023). Penggunaan media boneka tangan untuk pembelajaran berbicara pada siswa kelas rendah sekolah dasar. Bulletin of Educational Management and Innovation, 1(2), 109–121. https://doi.org/10.56587/bemi.v1i2.79

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Syahputri, S., Nasution, I. S., & ... (2023). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Memahami Cerita Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Thailand. Innovative: Journal Of …, 3, 9088–9096. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/5832

Wulansari, E. T., Masruroh, R., & Muzammil, M. H. (2025). Analisis Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Pelajaran Fisika. 3(20).

Yolanda, W., & Muhid, A. (2022). Efektivitas Metode Belajar Storytelling untuk Meningkatkan Sosio-Emosional Anak di Masa Pandemi COVID-19:Literature Review. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 27.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v9i1.3230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.