IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK DI SMAN 1 INDRALAYA

Bintang Sinarsih, Umi Chotimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana program adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan peserta didik, Program Adiwiyata merupakan salah satu kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk menciptakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. Program ini tidak hanya berfokus pada aspek lingkungan fisik, tetapi juga pada pembentukan karakter peserta didik, khususnya karakter peduli lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui Program Adiwiyata, peserta didik dibiasakan dengan aktivitas lingkungan seperti pengelolaan sampah, penghijauan, dan kegiatan kolaboratif yang menumbuhkan kepedulian, tanggung jawab, dan kesadaran lingkungan. Kesimpulannya, Program Adiwiyata efektif dalam membentuk karakter peduli lingkungan peserta didik melalui pendekatan pembiasaan dan keteladanan dari seluruh warga sekolah.

Keywords


Karakter; pendidikan; program adiwiyata

References


Kahfi, S. (2022). Analisis Penerapan Program Adiwiyata dalam Membangun Budaya Lingkungan di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 45–60. https://doi.org/10.33751/jmp.v10i1

Andi, M. (2020). Strategi Mewujudkan Sekolah Hijau Melalui Program Adiwiyata. Jakarta:PenerbitEdukasi.https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.626?utm_source

Lickona, T. (2013). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam.

Chotimah, U.(2020). MEMPERKUAT KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS PADA PEMBELAJARAN PPKn. Kajian Teori Dan Praktik PKn, 7(1), 55–67. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/issue/view/1104

Chotimah, U., dkk (2022) . The Actualization of Independent Character Values and Student Integrity in TPACK-Based Learning and Character-Based Learning Media, International Conference on Social Sciences and Education. https://repository.unsri.ac.id/view/year/2023.default.html?utm_source

Afriyeni, D. (2020). Implementasi Program Adiwiyata sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan. Jurnal Lingkungan Pendidikan, 5(3), 112–125.

Ismail, R. (2021). Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pendidikan: Studi Kasus Program Adiwiyata. Bandung: Penerbit Ilmu Sosial. https://journal.unipdu.ac.id/index.php/dirasat/article/view/3015?utm_source

Ningsih, T. (2021). Pendidikan Karakter (Teori dan Praktik). Dalam Cetakan 1.

Purwanti, E. (2020). Upaya Meningkatkan Kesadaran Lingkungan di Sekolah melalui Program Adiwiyata. Jurnal Pendidik, 12(2), 99–115.

Faqawwinni, R. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah Adiwiyata: Studi di SMA Negeri 3 Sampang. Jurnal Administrasi Pendidikan, 9(2), 67–82.

Kahfi, S. (2022). Peran Guru dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 28–40.

Yunita, P. (2021). Membangun Budaya Lingkungan melalui Program Adiwiyata di SMAN 8 Malang. Jurnal Lingkungan dan Pendidikan, 6(2), 55–70.

Andi, M., & Sari, F. (2020). Integrasi Program Adiwiyata dalam Kurikulum Sekolah: Peluang dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Interdisipliner, 4(1), 12–29.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Pendekatan Naturalistik dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Chotimah, A., & Asmaroini, R. (2020). The Actualization of Independent Character Values and Student Integrity in TPACK-Based Learning and Character-Based Learning Media, 7(1), 34–50.

Sugiyono. (2022). Teknik Pengumpulan Data dalam Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ningsih, S. (2021). Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Lingkungan: Implementasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(3), 80–95.

Rahaju, D. (2020). Inovasi Pembelajaran Lingkungan di Sekolah Adiwiyata. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–65.

Tambunan, H. (2020). Peran Kebijakan Sekolah dalam Menjaga Lingkungan Sekolah. Jurnal Manajemen Sekolah, 8(2), 101–115.

Rusdinal, F. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Program Adiwiyata. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 5(1), 33–47.

Megawati, S., et al. (2021). Peran Siswa dalam Pengelolaan Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Lingkungan, 9(1), 40–56.

Zainal, M. (2020). Sikap dan Perilaku Peduli Lingkungan: Studi Kasus di SMAN. Yogyakarta: Pustaka Pendidikan


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v9i1.3356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.