PERAN PRAKTIK PEMBELAJARAN BERBASIS KOMUNITAS (LAKARAMAT DAN REKE KALOA) DALAM MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI DAN KARAKTER SISWA DI SD IT INSAN KAMIL KOTA BIMA

Andri Andri, Dusalan Dusalan, Muthmainnah Muthmainnah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran praktik pembelajaran berbasis komunitas, khususnya Lakaramat dan Reke Kaloa, dalam meningkatkan literasi numerasi dan pembentukan karakter siswa di SD IT Insan Kamil Kota Bima. Lakaramat merupakan buku penghubung antara guru dan orang tua, sedangkan Reke Kaloa adalah panduan pembelajaran numerasi yang dikembangkan berdasarkan kearifan lokal. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk memahami secara mendalam implementasi dan dampak kedua praktik tersebut terhadap hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan melibatkan guru, siswa, dan orang tua. Temuan menunjukkan bahwa Lakaramat meningkatkan keterlibatan orang tua dan pemantauan pembelajaran, sedangkan Reke Kaloa membuat konsep matematika lebih mudah dipahami melalui pembelajaran kontekstual. Selain itu, integrasi nilai budaya lokal seperti “Nggusu Waru” dan “Maja Labo Dahu” mendukung penguatan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Praktik ini tidak hanya memperkuat kemampuan numerasi, tetapi juga menanamkan nilai-nilai karakter positif yang sejalan dengan tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini menegaskan potensi model pembelajaran yang dilokalisasi dalam meningkatkan aspek kognitif dan afektif pendidikan dasar.

Keywords


Pembelajaran berbasis komunitas, literasi numerasi, pendidikan karakter

References


Andrianti, D. S., & Rahayu, P. (2022). Kemampuan literasi numerasi berdasarkan kecerdasan logis matematis melalui soal AKM pada siswa SMP. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 55–63.

Berkowitz, M. W., Bier, M. C., & McCauley, B. (2020). Toward a science of character education. Journal of Character Education, 16(1), 1–16.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.

D'Ambrosio, U., & Rosa, M. (2018). Ethnomathematics and its approaches in mathematics education. International Journal of Science and Mathematics Education, 16(1), 165–181.

Gay, G. (2018). Culturally responsive teaching: Theory, research, and practice (3rd ed.). Teachers College Press.

Gandini, L. (2012). Reflections on play and learning. In C. Edwards, L. Gandini, & G. Forman (Eds.), The hundred languages of children: The Reggio Emilia experience in transformation (3rd ed., pp. 158–165). Praeger.

Goodenow, C. (2021). The psychological sense of school membership among adolescents: Scale development and educational correlates. Psychology in the Schools, 58(1), 122–147.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2017). Cooperative learning and academic achievement: Why does groupwork work? Anales de Psicología, 30(3), 785–791.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2018). Learning together and alone: Contextual teaching and learning. Pearson.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). (2022). Panduan pembelajaran dan asesmen pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan menengah. Kemendikbudristek.

Laal, M., & Ghodsi, S. M. (2020). Benefits of collaborative learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 31, 486–490.

Lickona, T., & Davidson, M. (2016). Smart & good schools: Integrating excellence and ethics for success in school, work, and beyond. Center for the 4th and 5th Rs.

Meisels, G. G. (2010). Science literacy: Hand in glove with numeracy. Numeracy, 3(2), Article 1.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). SAGE Publications.

Rosa, M., & Orey, D. C. (2016). Ethnomathematics as a research programme in mathematics education. International Journal for Research in Mathematics Education, 6(2), 219–241.

Smith, M. K., Jones, P., & Wenger, K. (2016). Community-based learning in higher education. Routledge.

Suyanto, H. (2020). Paradigma baru pendidikan karakter. Ar-Ruzz Media.

Zulkardi, & Putri, R. I. I. (2019). Developing PISA-like mathematics problems using local contexts. Journal on Mathematics Education, 10(2), 37–48.


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v9i1.3360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.