Hubungan Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Era 4.0

Iven Rahmawati, Dian Kristiana, Muhammad Fadlillah

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 tahun di Era 4.0 di TK Kuncup Harapan Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana yang sebelumnya melakukan uji prasyarat normalitas,uji linearitas, uji Heteroskedastisitas . Teknik dari pengambilan sampel dengan cara non-probability sampling. Responden dalam penelitian adalah 20 anak TK Kuncup Harapan Ponorogo berdasarkan hasil pengamatan guru terhadap peserta didik dan 20 orang tua dengan persepsi orang tua terhadap anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket  dengan instrument berupa skala gadget dan skala perkembangan sosial emosional. Data diperoleh secara langsung oleh peneliti yaitu pengisian angket dengan dibantu applikasi google form. Teknik analisis yang dilakukan untuk mengetahui hipotesis penelitian. Analisis data dalam penelitian menggunakan bantuan perangkat software yaitu SPSS 16 for Windows 8. Dari hasil penelitian diperoleh nilai nilai signifikansi sebesar 0.013 <  0.05 yang dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya adalah ada Hubungan Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 tahun di Era 4.0 yang bertempat di TK Kuncup Harapan Ponorogo.


Keywords


gadget, perkembangan sosial emosional, anak usia dini

References


Amalia Siti, Gani Irwan.2018.Alat Analisis Data.Yogyakarta : Andi

Fadlillah.M, 2017. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta. Prenada Media Group

Fauziah Nurul, Sari Indria Ratna, Melinda.2015.Temprint Dokter Kita, edisi 1 hlm 22-30

Indrijati,Herdina.2016.Psikologi Perkembangan & Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana

Jakaria, Yaya.2015.Mengolah Data Penelitian Kuantitatif Dengan SPSS.Alfabeta : Bandung

Jannah Mar’atul Masrinda, Kristiana Dian, Fadhli Muhibbudin 2019 Hubungan Intensitas Menonton Youtube dengan perkembangan social emosional anak usia 5-6 tahun Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo 3(2) : 116

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2018.Seri Pendidikan Orang Tua : Mendidik Anak di Era Digital.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Senayan : Jakarta

Novitasari Wahyu. 2016.Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Jurnal PAUD Teratai Volume 05 Nomor 03 Tahun 2016, 182-186

Nugraha Ali, Rachmawati Yeni.2015.Metode Pengembangan Sosial Emosional Tangerang Selatan.Universitas Terbuka

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2015 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.2015. Jakarta : Kemendikbud

Subana, dkk.2015.Statistik Pendidikan.Bandung : Pustaka Setia

Sukardi.2019.Metodologi Penelitian Pendidikan Jakarta : Bumi Aksara

Sukmadinata Nana.2017.Metode Penelitian Pendidikan.Bandung : Rosda

Sugiyono.2013.Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sugiyono.2017.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung : Alfabeta

Trimotius,Kris.2017.Pengantar Metodologi Penelitian.Yogyakarta : Andi (anggota IKAPI)

V Wiratna,Sujarweni.2014.SPSS untuk Penelitian.Pustaka Baru Press : Yogyakarta

Wahana Komputer.2017.Ragam Model Penelitian dan Pengolahannya dengan SPSS.Semarang Andi Yogyakarta


Full Text: PDF

DOI: 10.24269/ed.v4i2.543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.